Tetap Semangat Teman! Jauh Sebelum Kamu Lahir, Tuhan Sudah Punya Rencana Yang Indah Bagimu

Kata Alkitab / 31 May 2017

Kalangan Sendiri

Tetap Semangat Teman! Jauh Sebelum Kamu Lahir, Tuhan Sudah Punya Rencana Yang Indah Bagimu

Puji Astuti Official Writer
14401

"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." ~ Yeremia 1:5

Kalau kamu ingin hidup yang berarti dan maksimal menggunakan talenta yang sudah Tuhan beri dalam hidupmu, maka gunakanlah waktumu sebanyak mungkin untuk mengerjakan apa yang menjadi keahlianmu, kesukaanmu dan lebih sedikit melakukan yang diluar kemampuanmu. 

Mengapa demikian? Karena Tuhan menciptakanmu sebagai pribadi yang unik, Dia menuliskan rencana atas hidupmu, bukan ketika kamu lahir, namun jauh sebelum itu, Tuhan sudah tahu apa yang menjadi tujuan hidupmu dan apa yang harus kamu lakukan. 

Seperti ayat di atas, Tuhan telah mengenal kita saat kita masih dalam kandungan ibu kita. Tuhan adalah pribadi yang lebih dekat dan mengenal kita dari siapapun di dunia ini. Bahkan, Dia sudah merencanakan sesuatu yang indah atas hidup kita. 

Tidak hanya sampai di merencanakan, Tuhan juga mengarahkan dan membentuk hidup kita hingga kita siap untuk penggenapan rencana itu. Langkah demi langkah dalam kehidupan ini, Tuhan rancangkan untuk mempersiapkan kita menggenapi rencana atau cetak biru yang telah Tuhan buat. Dia mempersiapkan kita dengan keahlian yang diperlukan, sikap dan mental yang dibutuhkan, bahkan segala sumber daya untuk bisa membuat rencana itu terwujud. 

Apapun yang terjadi dalam hidupmu, kamu bisa tetap percaya pada Tuhan Yesus Kristus dan rencana-Nya yang kudus dan mulia bagimu. Sekalipun yang terjadi di hadapanmu sepertinya kacau dan buruk, tapi percayalah bahwa, " Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." (Roma 8:28).

Tapi itulah bagian yang terbaiknya. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita disetiap langkah hidup kita. Dia menuntun kita, memberikan arahan, memberikan nasihat dan bahkan memperlengkapi kita dengan segala yang kita perlukan untuk menggenapi rencananya.

Cobalah renungkan hal ini: 

1.  Apa yang kamu benar-benar bisa kerjakan dengan baik dan bagaimana Tuhan menuntunmu sampai kamu bisa belajar berbagai keahlian itu? 

2.  Apa yang membuatmu sulit menemukan apa yang menjadi tujuan khusus yang sudah Tuhan tentukan bagimu? Bertanyalah pada Tuhan tentang hal ini, juga sharinglah dengan orang-orang terdekatmu yang bisa melihat apa yang menjadi keahlianmu atau pandai kamu lakukan dan menurut mereka apa yang Tuhan mau kerjakan melalui hal tersebut. 

3. Jika kamu tahu dengan jelas apa rencana Tuhan atas hidupmu, bagaimana hal itu akan mengubah caramu menjalani hidup?

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami