5 Jenis Makanan Sehat dan Seimbang yang Tepat Untuk Buka Puasa
Sumber: www.greenme.it

Health / 30 May 2017

Kalangan Sendiri

5 Jenis Makanan Sehat dan Seimbang yang Tepat Untuk Buka Puasa

Lori Official Writer
4476

Setelah seharian berpuasa, pasti tubuh juga akan mengalami penurunan fitalitas. Tapi jangan khawatir, dengan memilih makanan tepat saat berbuka tubuh kamu akan kembali fit. Tapi perlu diingat kalau berbuka puasa juga nggak boleh sembarangan loh. Jenis makanan yang kita makan sangat berpengaruh baik bagi kesehatan tubuh kita.

Buat kamu yang hari ini lagi puasa, ada baiknya memilih 5 jenis makanan seimbang ini.

1. Buah-buahan

Saat berbuka, usahakanlah untuk menyantap buah sebagai makanan pembuka. Karena buah adalah salah satu makanan yang mudah dicerna oleh lambung. Usahakan makan buah seperti kurma, semangka, melon, apel, pepaya, anggur, dan sebagainya.

2. Soup ayam

Penuhi gizi dan nutrisi tubuh dengan menyantap makanan sehat seperti soup ayam. Pasalnya, soup ayam yang kaya sayur dan protein sehat yang berasal dari kandungan ayam melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama puasa. Kandungan serat yang didapat dari sayur bisa sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya gangguan pencernaan seperti sembelit. Supaya soup ayam semakin nikmat dan sehat, ada baiknya memilih ayam kampung yang lebih rendah lemak. Kaldu ayam yang dihasilkan saat perebusan juga sangat bermanfaat untuk memulihkan kembali tubuh yang kurang fit.

3. Yogurt

Yogurt juga jadi salah satu pilihan makanan sehat untuk berbuka puasa. Untuk mengimbangi atau menambah rasa nikmatnya, yogurt juga bisa dihidangkan dengan mencampurnya dengan buah kurma. Jika ditilik dari segi gizi, yoghurt mengandung kadar bakteri asam laktat yang mampu mengubah laktosa (gula dalam susu) menjadi glukosa dan galaktosa yang mudah dicerna oleh lambung. Hidangkanlah semangkuk yogurt sebagai pembuka puasa kamu.

4. Sayuran hijau

Mentimun, selada dan sayuran hijau lainnya mengandung serat yang tinggi. Saat puasa, tubuh seharian tak mendapatkan nutrisi yang cukup karena itulah diperlukan sayuran mengembalikan fitalitas tubuh. Selain itu, mengkonsumsi sayur-sayuran juga bermanfaat untuk tetap menjaga kelembaban tubuh dan mencegah masalah sembelit.

5. Ikan dan daging

Saat berbuka puasa, penuhi pula nutrisi tubuh dengan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, seperti daging, ikan, dan telur. Kamu bisa memilih menu makanan seperti ayam goreng, ikan gulai atau telur rebus. Makanan-makanan ini bermanfaat untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Banyak memang orang yang tak sadar dan bahkan cenderung begah saat buka puasa. Kebanyakan diantaranya malah berpikir untuk menyantap makanan apa saja asalkan bisa memenuhi nafsu lapar karena seharian puasa. Tapi bagaimanapun, sangat dianjurkan untuk memilih jenis makanan yang sehat terlebih dahulu. Hal ini penting diperhatikan supaya fungsi lambung tetap terjaga.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami