Meski Diprotes Ormas, Wali Kota Solo Tetap Resmikan GKI Busukan Dengan Penjagaan Ketat
Sumber: Solopos.com

Nasional / 22 May 2017

Kalangan Sendiri

Meski Diprotes Ormas, Wali Kota Solo Tetap Resmikan GKI Busukan Dengan Penjagaan Ketat

Puji Astuti Official Writer
6192

Pada Kamis (18/5/2017) lalu, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo tetap melaksanakan peresmian Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang berada di Kampung Busukan RT. 002/RW 027, Mojosongo, Jebres, Solo, sekalipun dengan pengawalan ketat pihak keamanan karena ada sekelompok ormas yang menyatakan penolakan atas keberadaan gereja tersebut.

Berdasarkan berita yang dirilis oleh Solopos.com, sekitar 25 orang dari ormas tertentu melakukan aksi penolakan dan menutup akses jalan menuju gereja. Namun pihak keamanan yaitu petugas dari Kodim 0725 Solo dan juga Brimop yang berjaga menghadang upaya anggota ormas yang akan masuk ke gereja. 

“Penjagaan gereja tetap dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Kami meminta bantuan TNI untuk mengamankan gereja," demikian pernyataan Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo.

Pihak ormas menuduh bahwa pihak gereja menyalahi aturan saat proses pengajuan izin pembangunan gereja, namun pihak gereja membantah tudingan tersebut. 

“Kami punya bukti lengkap soal  berkas syarat pembangunan gedung GKI. Warga yang menolak justru bukan warga asli Busukan,” demikian ungkap Pendeta GKI Busukan, Waski. 

Saat ini GKI Busukan, Solo sudah memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) resmi dari Pemerintah Solo. Pihak kepolisian meminta kepada warga yang menolak untuk menempuh jalur hukum jika keberatan dengan keberadaan gereja dan juga melakukan mediasi dengan kedua belah pihak agar tidak terjadi gesekan. 

Sumber : Solopos.com
Halaman :
1

Ikuti Kami