Jodoh Online, Boleh atau Tidak? Apa Kata Alkitab Tentang Hal itu?
Sumber: www.huffingtonpost.om

Single / 15 May 2017

Kalangan Sendiri

Jodoh Online, Boleh atau Tidak? Apa Kata Alkitab Tentang Hal itu?

bagusp Official Writer
5941

Sebenarnya fenomena dan diskusi mengenai jodoh online bisa panjang lebar dan pasti ada pro-kontra dikalangan orang percaya. Namun terlepas dari pro kontra mengenai jodoh online, toh ada yang memang bertemu jodohnya via social media atau aplikasi khusus jodoh. 

Sebagai orang Kristen, apakah memang Alkitabiah mendapatkan jodoh melalui dunia online?

Secara spesifik tidak ada didalam Alkitab, karena dijaman itu belum ada dunia maya seperti sekarang. Tapi paling nggak ada beberapa panduan jika kamu merasa oke dengan jodoh secara online.


Teknologi diciptakan oleh Tuhan dan untuk kemuliaan Tuhan


Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya Roma 11:36

Berdasarkan ayat diatas kita mengerti bahwa segala sesuatu termasuk internet dan teknologi adalah dari Tuhan. Tujuan Tuhan tentu saja untuk kemuliaanNya, agar kerajaanNya semakin cepat berkembang di bumi ini. Namun banyak orang menggunakan internet untuk memuaskan hawa nafsunya saja. 

So sebelum kamu mulai searching jodoh di Internet, pastikan bahwa tujuannya adalah untuk kemuliaan Tuhan, artinya bukan untuk pamer, membodohi saudara seiman, membuat PHP, apalagi berselingkuh. Jelas itu bukan kehendak Tuhan.


Karakter adalah yang utama dalam suatu hubungan


Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya 2 Korintus 6:14

So berdasarkan ayat diatas Tuhan mau bahwa siapapun yang pedekate atau yang kita kenal lewat social media, pada akhirnya akan kembali pada karakter diatas. Apakah dia orang percaya, apakah dia orang yang bisa dipercaya, apakah dia benar masih single, dan lain sebagainya.

Jangan sampai tertipu oleh social media. Ajak ketemuan dan berteman terlebih dahulu. Jangan ambil komitmen apapun sebelum bertemu atau kopdar ( kopi darat ) dan kamu mengenal karakternya didalam Kristus.

Internet hanyalah alat, tapi bukan satu-satunya sarana. Yang terpenting adalah kalian bertemu secara fisik dan saling mengenal.


Percaya bahwa Tuhan sudah menyediakan


Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia

Mazmur 37:3

Ini merupakan hal yang paling penting. Perkenalan di social media atau aplikasi jodoh adalah sarana pertemanan untuk mendapatkan teman dengan kebutuhan yang sama yaitu jodoh. Tapi jangan menutup pintu untuk cara Tuhan dipertemukan dengan cara yang mungkin berbeda. Tetap yang utama adalah melihat visi misi orang yang hendak kamu kenal dan jangan hanya fokus kepada foto secara fisiknya saja.


Selalu cek dan ricek


Ini adalah hal yang sangat penting. Saat ini banyak aplikasi yang memungkinkan untuk manipulasi hasil foto sehingga tampak lebih menarik. Akhirnya foto yang ditampilkan di situs atau aplikasi perjodohan tersebut tidak real dan bisa berbeda jauh dari aslinya. Nah data dirinya juga harus kamu perhatikan dan lakukan cek dan ricek sekali lagi. Jika kalian memutuskan untuk bertemu, lakukan di tempat yang ramai misalnya mall atau restoran. Jangan di tempat yang sepi apalagi hotel. Hal ini akan membuat situasi yang merugikan kamu jika seandainya orang tersebut berniat jahat.


Kembali kepada hati kita dan iman kita. apakah kita merasa damai dengan mencari jodoh lewat online baik itu melalui website, sosial media ataupun aplikasi? Tuhan kita baik, Dia akan melihat hati dan motivasi kita.



Halaman :
1

Ikuti Kami