Begini Respon Positif Negatif Netizen Tanggapi Vonis 2 Tahun Penjara Terhadap Ahok
Sumber: Babe.com

Internasional / 9 May 2017

Kalangan Sendiri

Begini Respon Positif Negatif Netizen Tanggapi Vonis 2 Tahun Penjara Terhadap Ahok

Lori Official Writer
9708

Hakim Ketua Dwiarso Budi Santiarto akhirnya menjatuhkan hukuman dua tahun penjara kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dia dinyatakan bersalah melakukan penodaan agama terkait pernyataansoal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 silam.

Majelis Hakim menyatakan bahwa Ahok terbukti melakukan tindak pidana dalam Pasal 156a KUHP, yakni secara sengaja mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama di depan umum.

Vonis yang dijatuhkan kepada Ahok sontak mengundang komentar dari berbagai kalangan, khususnya netizen yang terus memantau perjalanan persidangan Ahok. Berdasarkan hasil pengamatan tim Jawaban.com melalui media sosial Twitter menemukan banyak sekali respon positif dan negatif terkait putusan ini. Sebagian besar netizen yang mengaku pro dan kontra terhadap Ahok mengungkapkan kekecewaan atas putusan hakim yang dirasa tidak adil.

Tanda pagar atau hashtag Ahok menjadi yang tertinggi sejak sidang putusan vonis pagi tadi hingga sore ini telah mencapai 217 ribu postingan. Sebagian diantaranya menyampaikan keprihatinan atas hukuman yang dijatuhkan terhadap Gubernur DKI Jakarta itu. Sebagaimana respon positif yang disampaikan netizen bernama Mario Limbong dengan akun @leter7 menuliskan, “Salut gw sama Pak Ahok....Jantan, berpendirian..Iman mu itu loh pak, saya salut...Tuhan memberkati mu pak @basuki_btp.”

Senada dengan itu netizen lain bernama angelina febrini R. atau? @AlineThemo menyampaikan dukungannya, “Jangan menyerah smpai kpanpun pak...we are all here for u #Ahok”

Tak tanggung-tanggung netizen lainnya bahkan memberikan ayat kutipan Alkitab untuk menguatkan Ahok. “Matius 10: 19-20, God always be with you ever pak ?? ? #ahok,” tulis netizen @kartikasiagian atau Kartika Anastassia S.

Sementara sebagian netizen lainnya menyampaikan kekecewaan terhadap hukuman yang dijatuhkan terhadap Ahok. Demikian disampaikan sutradara kenamaan Angga D. Sasongko dalam akun Twitternya @anggasasongko, “Saya gak dukung Ahok jd cagub. Tapi hukum absurd soal penodaan agama ini harus dilawan. Menghina akal sehat dan rasa keadilan. #BebaskanAhok”

Selain itu Ketua Umum PSI, Grace Natalie menyampaikan kesedihan sekaligus keberatannya terhadap vonis 2 tahun terhadap Ahok. “Sedih dan masih sulit menerima vonis Pak Ahok. dimana keadilan? Meski dibuang dlm kubangan lumpur, sebutir mutiara akan tetap bersinar,” tulisnya dengan akun @grace_nat.

Kendati begitu, tak dimungkiri bila banyak pula netizen yang turut senang dan puas dengan hukumanyang diterima ahok tersebut. Seorang netizen yang menamai dirinya Presiden Kembar atau @PresKembar menuliskan sindiran tajam terhadap Ahok yang akan menjalani penjara di Rutan Cipinang. “Akhirnya Ahok Jadi Gubernur Baru di Cipinang Bisa Jadi Menteri Bahkan Presiden di Sel Cipinang.Ahoker Pada Kemana?”

Senada dengan itu, netizen bernama reverse Engineering juga menulis sambutan terhadap Ahok. “"@TerorisSocmed @basuki_btp Selamat datang Gubernur baru rutan Cipinang" tulisnya.

Begitulah respon positif dan negatif yang menghiasi dinding Twitter sejak vonis terhadap Ahok dijatuhkan oleh Hakim Ketua.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami