Kalau Dia Punya 5 Hal Ini, Itu Artinya Dia Teman Sejati Kamu
Sumber: Iphincow.com

Single / 28 April 2017

Kalangan Sendiri

Kalau Dia Punya 5 Hal Ini, Itu Artinya Dia Teman Sejati Kamu

Lori Official Writer
7844

Di jaman ini, menemukan teman sejati itu sangatlah sulit. Persahabatan yang langgeng dan menyenangkan sudah seperti komoditas langka. Tapi pada dasarnya Tuhan sudah mendesain sebuah hubungan pertemanan itu baik adanya, tidak palsu, jujur, tulus dan langgeng.

Karena sebagaimana kita tahu, Tuhan suka dengan persahabatan sejati dan Dia melakukan itu supaya kita bertumbuh lebih baik satu sama lain. Hal ini seharusnya mendorong kita untuk berusaha mencari teman dan menjadi teman sejati.  

Lalu apa yang dibutuhkan supaya kita bisa menjadi sosok teman yang sejati, atau seperti dikutip dari ayat Alkitab menjadi teman yang lebih dekat dari saudara (Amsal 18: 24)? Berikut 5 ciri yang dimiliki seorang teman sejati:

1. Menghormati hal-hal yang terlalu pribadi dari seorang teman

Menjadi teman sejati adalah dia yang bertindak dengan bijak. Dia yang menghormati privasi seorang teman dan membatasi dirinya untuk menembus itu. Amsal 25 : 17 berkata, “Janganlah kerap kali datang ke rumah sesamamu, supaya jangan ia bosan, lalu membencimu.”

2 Punya rasa hormat

Menghormati berarti menghargai nilai-nilai seseorang. Bagaimana kita melihat nilai seseorang? Nilai seseorang ditentukan terlebih dahulu dan terutama oleh harga yang Kristus sudah bayar untuk kita. Kita semua tahu bahwa harganya itu adalah kematian Tuhan kita di kayu salib. Penghormatan datang dengan bebas dalam persahabatan saat kita memperlakukan teman kita sebagaimana Tuhan lakukan. Amsal 11: 12 berkata, “Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri.”

3. Mudah mengampuni atau memaafkan

Satu hal yang pasti, bahwa teman sejati tidak pernah mengecewakan kita. Itu karena kita dan semua orang memang adalah orang berdosa. Tapi di tengah ketidaksempurnaan kita itulah, Tuhan memanggil kita untuk mengampuni saudara dan saudari kita. Efesus 4: 32 berkata, “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

4. Mau menengur apabila temannya melakukan kesalahan

Dalam sebuah hubungan pertemanan, penting sekali bagi kita melakukan teguran yang terbuka kepada teman yang melakukan kesalahan daripada menyembunyikan kesalahannya. Teman sejati adalah teman yang terbuka dan mau jujur menilai tindakan temannya sendiri daripada menutup-nutupinya karena menjaga-jaga perasaan. Bukan berarti menegur teman membuat kita merasa sedang mencari-cari kesalahan, sebaliknya mereka yang dengan jujur menyampaikan kebenaran menolong temannya menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Suka memberikan dukungan terhadap teman

Menjalin hubungan pertemanan tidak hanya bertujuan supaya bisa menikmati masa-masa menyenangkan bersama mereka. Tapi sesama teman harus selalu bisa ada dalam menghadapi masa-masa sulit yang dihadapi seorang teman. Jika temannya sedang dalam masalah atau masa-masa sulit, maka teman yang lain akan selalu ada dan mendukung. Amsal 17: 17 berkata, “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.”

Apakah kamu sudah menjadi teman sejati bagi teman-temanmu? Atau apakah kamu sudah menemukan sosok teman sejati seperti yang digambarkan dalam poin-poin di atas? Yuk, belajar untuk bisa menjadi pribadi yang mengasihi dan ada bagi orang lain.

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami