4 Cara Tuhan Menolong Umat-Nya Hadapi Pergumulan Keuangan
Sumber: aleteia

Kata Alkitab / 29 September 2023

Kalangan Sendiri

4 Cara Tuhan Menolong Umat-Nya Hadapi Pergumulan Keuangan

Lori Official Writer
33654

Hidup dalam kesulitan keuangan sudah jadi bagian hidup yang pernah kita alami. Hampir semua orang pernah berada di titik terendah dalam menghadapi pergumulan keuangan. Atau mungkin kondisi keuangan baik-baik saja, tapi yang jadi masalah keuangan mu justru jadi perusak hubunganmu dengan orang-orang terdekat.

Nggak ada yang salah dengan uang. Baik atau buruk dari uang tergantung pada bagaimana kita menggunakannya. Karena kadang kala, uang bisa jadi membawa kita pada ujian hati, apakah kita benar-benar menggunakan uang dengan cara yang benar atau salah.

Pergumulan akan uang mungkin akan mengubah peran uang yang dibuat dari sebongkah kertas lakmus itu menjadi sesuatu yang begitu berharga di hati. Cara kita bereaksi terhadap harta kita akan menentukan letak kepercayaan kita, entah itu masih kepada Tuhan atau malah kita justru hanya percaya bahwa uang lah yang mampu mengatur segalanya dalam hidup. Karena hati yang percaya penuh kepada Tuhan dan anugerah-Nya yang tak terbatas dalah hati yang menghargai uang dengan cara yang benar. Dan kepercayaan seperti ini hanya bisa kita miliki jika menyadari soal anugerah Tuhan atas hidup kita.

 

Baca Juga: Belajar dari Alkitab, Berikut 7 Cara Mengatasi Krisis Keuangan dengan Bijak

 

Berikut empat cara bagaimana Tuhan menolong umat-Nya menghadapi pergumulan keuangan:

1. Tuhan mengajar kita menggunakan uang untuk kemuliaan-Nya

Tuhan bisa mendatangkan berlimpah-limpah uang di tangan kita kapan pun. Tapi Dia tahu persis jika Dia melakukannya, kita akan terlena dengan uang berlimpah yang kita miliki dan justru membawa kita pada kehancuran yang menyedihkan. Hal ini persis sama seperti kisah anak yang hilang. Jadi yang Tuhan lakukan adalah memberikan kita hikmat dan kemampuan untuk menjaga, mampu mengatur dan menyimpan yang dengan cara yang menghormati dan memuliakan Dia. Tuhan mengarahkan kita untuk menggunakan uang dengan bijaksana dan untuk tujuan kemuliaan-Nya.

 

2. Tuhan menggunakan cara-Nya yang ajaib

Pernah jatuh sakit dan menjalani pengobatan dengan harga yang cukup mahal hanya supaya Tuhan menyembuhkan kita secara ajaib? Itu hanyalah salah satu dari banyak cara yang bisa mengubah keadaan kita sebagai jawaban dari kondisi keuangan kita. Tuhan ambil kendali dalam segala hal dan mampu mengubah segala kondisi lewat karya Roh Kudus.

 

3. Tuhan ingin kita memakai potensi kita

Ulangan 8: 18 mengingatkan, “…haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.”

Tuhan nggak akan membiarkan uang dengan mudahnya kita dapatkan. Tapi lewat ayat di atas, kita belajar bahwa Tuhan ingin supaya kita menggunakan kasih karunia yang sudah Dia berikan kepada kita yaitu potensi yang tertanam di dalam diri kita. Dia ingin supaya kita bisa menghargai uang melalui kerja keras kita sendiri.

 

Baca Juga: Saat Dalam Krisis Keuangan, Berdoalah Dengan 6 Ayat Alkitab Ini…

 

4. Tuhan memelihara kita lewat penyediaan-Nya

Ingat kisah seorang janda miskin dalam Alkitab (1 Rja-raja 17: 16)? Kisah ini menjadi pengingat bagi kita bahwa Tuhan selalu memelihara kita dengan penyediaan-Nya. Atau kita perlu mengingat kembali tentang bagaimana Yesus melipatgandakan lima roti dan dua ikan (Matius 14: 13-21). Tuhan mampu menyediakan bekal bahkan sampai hari ini untuk kita dan membiarkan kita mengalami terobosan keuangan melalui cara-Nya yang tak terduga.

Kalau Tuhan saja sudah menjanjikan kehidupan berlimpah melalui firman-Nya, siapa kita yang tak percaya dengan kuasa-Nya? Jika saat ini kamu sedang mengalami pergumulan keuangan, frustrasi dengan kondisi bisnis yang bangkrut, kebutuhan hidup yang tak mampu kamu penuhi, serahkan sepenuhnya kepada Tuhan. Percayakan Dia untuk memelihara hidupmu dan membuka jalan untuk mengalami terobosan keuangan.

 

Apakah Anda butuh didoakan? Hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN melalui kontak Call Center 0811 9912 240, Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/InginDidoakan

 

Sumber : Christiantoday.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami