Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Contributor
4144


Lidah adalah organ yang penting yang berfungsi sebagai alat komunikasi, makan dan indra pengecap. Tahukah kamu bahwa selain fungsi utama di atas, lidah juga ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatanmu loh!

Lidah yang membengkak, berdesir dan berubah bentuk menjadi bergelombang, melekuk dan bahkan membesar menunjukkan bahwa kita sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Beberapa jenis penyakit ini diyakini menjadi penyebab utama kondisi tidak normal pada lidah, diantaranya:

1. Hypotiroid      

Penyakit Hypotiroid menjadi salah satu penyebab umum lidah bengkak dan membesar. Kondisi itu terjadi karena tubuh tak lagi mampu memproduksi kelenjar tiroid yang cukup sehingga berdampak pada pembengkakan lidah. Lidah yang semakin membengkak menyebabkan dorongan pada gigi.

2. Temporomandibular Joint Disorder

Temporomandibular Joint Disorder adalah nyeri pada tulang temporal yang menyebabkan bagian rahang sakit. Hal ini biasanya disebabkan karena kebiasaan menggertakkan rahang atau gigi saat sedang stress, distorsi gigi dan juga adanya benturan dan arthritis pada rahang, kepala dan leher. Akibatnya, rasa sakit dibagian rahang menyebabkan lidah membesar dan bergelombang.

3. Gangguan Limpa

Gangguan limpa biasanya berhubungan dengan bentuk lidah menjadi bergerigi. Limpa bisa membesar karena infeksi atau cedera.

4. Sleep Apnea

Lidah bergerigi juga bisa menjadi tanda kamu mengalami sleep apnea. Dimana kamu sering kali tidur mendengkur dan mengalami pola tidur yang tidak normal.

5. Kurang vitamin dan mineral

Lidah yang bengkak bisa menunjukkan kondisi kekurangan vitamin B12 yang bisa menyebabkan lidah bengkak dan berubah warna menjadi lebih merah.

6. Gangguan kecemasan

Dalam beberapa kasus, kecemasan dapat menyebabkan lidah menjadi membesar dan berdesir di bagian sisinya. Lidah dalam kondisi ini biasanya timbul dari kondisi tubuh yang stress dan kecemasan berlebihan.

7. Alergi

Alergi juga bisa membuat lidah membengkak atau membesar. Alergi dapat disebabkan oleh makanan, obat-obatan atau karena gigitan serangga.

8. Cedera lidah

Cedera lidah juga bisa menyebabkan pembengkakan dalam jangka waktu yang pendek. Cedera lidah bisa menyebabkan lidah menjadi bengkak dan mulai menekan bagian gigi.

9. Efek samping konsumsi obat-obatan

Beberapa obat juga bisa menyebabkan efek samping pada lidah dimana bagian lidah akan mengalami pembengkakan dan juga efek berdesir.

10. Kelainan pada lidah (Makroglossia)

Makroglossia adalah pembesaran lidah yang tidak normal. Pembesaran ini bisanya timbul bersamaan dengan kelainan turunan, seperti down syndrome. Pembedahan bisa menjadi solusi terbaik untuk memulihkan kondisi ini.

Jika kamu mendapati salah satu dari kondisi di atas, akan lebih baik jika segera memeriksakan diri kepada dokter supaya bisa menindak lajuti pengobatan yang tepat untuk penyembuhannya.

Sumber : Boldsky.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Prily Zusena Sebayang 22 September 2017 - 23:12:04

Bagaimana mendengar suara Tuhan

1 Answer

Victor Onibala 22 September 2017 - 16:04:57

bagaimana jika kita sudah berdoa terus tapi dia ti.. more..

2 Answer

Peddy Kilapong Petroza 22 September 2017 - 09:10:31

Mengapa Tuhan tidak menjawab doa saya

1 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week  3


7305

advertise with us