Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Contributor
3840


Lidah adalah organ yang penting yang berfungsi sebagai alat komunikasi, makan dan indra pengecap. Tahukah kamu bahwa selain fungsi utama di atas, lidah juga ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatanmu loh!

Lidah yang membengkak, berdesir dan berubah bentuk menjadi bergelombang, melekuk dan bahkan membesar menunjukkan bahwa kita sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Beberapa jenis penyakit ini diyakini menjadi penyebab utama kondisi tidak normal pada lidah, diantaranya:

1. Hypotiroid      

Penyakit Hypotiroid menjadi salah satu penyebab umum lidah bengkak dan membesar. Kondisi itu terjadi karena tubuh tak lagi mampu memproduksi kelenjar tiroid yang cukup sehingga berdampak pada pembengkakan lidah. Lidah yang semakin membengkak menyebabkan dorongan pada gigi.

2. Temporomandibular Joint Disorder

Temporomandibular Joint Disorder adalah nyeri pada tulang temporal yang menyebabkan bagian rahang sakit. Hal ini biasanya disebabkan karena kebiasaan menggertakkan rahang atau gigi saat sedang stress, distorsi gigi dan juga adanya benturan dan arthritis pada rahang, kepala dan leher. Akibatnya, rasa sakit dibagian rahang menyebabkan lidah membesar dan bergelombang.

3. Gangguan Limpa

Gangguan limpa biasanya berhubungan dengan bentuk lidah menjadi bergerigi. Limpa bisa membesar karena infeksi atau cedera.

4. Sleep Apnea

Lidah bergerigi juga bisa menjadi tanda kamu mengalami sleep apnea. Dimana kamu sering kali tidur mendengkur dan mengalami pola tidur yang tidak normal.

5. Kurang vitamin dan mineral

Lidah yang bengkak bisa menunjukkan kondisi kekurangan vitamin B12 yang bisa menyebabkan lidah bengkak dan berubah warna menjadi lebih merah.

6. Gangguan kecemasan

Dalam beberapa kasus, kecemasan dapat menyebabkan lidah menjadi membesar dan berdesir di bagian sisinya. Lidah dalam kondisi ini biasanya timbul dari kondisi tubuh yang stress dan kecemasan berlebihan.

7. Alergi

Alergi juga bisa membuat lidah membengkak atau membesar. Alergi dapat disebabkan oleh makanan, obat-obatan atau karena gigitan serangga.

8. Cedera lidah

Cedera lidah juga bisa menyebabkan pembengkakan dalam jangka waktu yang pendek. Cedera lidah bisa menyebabkan lidah menjadi bengkak dan mulai menekan bagian gigi.

9. Efek samping konsumsi obat-obatan

Beberapa obat juga bisa menyebabkan efek samping pada lidah dimana bagian lidah akan mengalami pembengkakan dan juga efek berdesir.

10. Kelainan pada lidah (Makroglossia)

Makroglossia adalah pembesaran lidah yang tidak normal. Pembesaran ini bisanya timbul bersamaan dengan kelainan turunan, seperti down syndrome. Pembedahan bisa menjadi solusi terbaik untuk memulihkan kondisi ini.

Jika kamu mendapati salah satu dari kondisi di atas, akan lebih baik jika segera memeriksakan diri kepada dokter supaya bisa menindak lajuti pengobatan yang tepat untuk penyembuhannya.

Sumber : Boldsky.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

bungaran.com 28 July 2017 - 09:56:26

Apakah sebenarnya bentuk bumi yang sebenarnya, apa.. more..

1 Answer

Dorce Hoor 28 July 2017 - 09:29:04

Apakah aku bisa di ampuni?

1 Answer

Tonosugi 28 July 2017 - 09:15:04

Apakah benar Yesus dibangkitkan di hari ketiga?

0 Answer


bungaran.com 28 July 2017 - 09:50:45
Tolong doakan saya agar setiap proses menuju Russi... more..

Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

Banner Mitra Week 4


7275

Imago