Pelaku Pelemparan Petasan Botol di Gereja Jago Ambarawa Diduga Idap Gangguan Jiwa
Sumber: Kompas.com

Nasional / 17 April 2017

Kalangan Sendiri

Pelaku Pelemparan Petasan Botol di Gereja Jago Ambarawa Diduga Idap Gangguan Jiwa

Puji Astuti Official Writer
3024

Pada perayaan Kamis Putih di Gereja Santo Yusuf (Gereja Jago), Jalan Sugiyapranoto, Kelurahan Panjang, Ambarawa, pada Kamis (13/4/2017) lalu sempat terjadi insiden pelemparan petasan botol. Pelaku langsung diamankan di tempat kejadian oleh pihak kepolisian, namun setelah proses penyelidikan ada fakta mengejutkan terungkap, yaitu pelaku sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit jiwa. 

Pelaku bernama Fahrudin (37) sudah lama mengidap gangguan jiwa, namun dia tidak memiliki catatan kriminal. 

"Walaupun mempunyai gangguan jiwa, namun selama ini di lingkungan tempat tinggal tidak pernah membuat keresahan atau perbuatan kriminal," demikian penjelasan ar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar dalam keterangan tertulis yang dirilis pada Jumat (14/4/2017) lalu. 

Menurut keterangan yang dirilis oleh pihak kepolisian, Fahrudin tinggal dengan ibunya, yang juga memiliki riwayat gangguan jiwa. Karena kondisi kejiwaan Fahrudin tersebut, maka polisi masih belum bisa melakukan proses pemeriksaan. 

"Kalau memang bisa dipastikan gangguan jiwa, tentunya tidak bisa kita lakukan proses hukum," demikian jelas Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova. 

Walau demikian ada indikasi bahwa Fahrudin dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab menurut keterangan, sebelum kejadian Fahrudin sempat menghilang selama dua hari, pada hal dia tidak pernah pergi jauh dari rumahnya. 

Terkait peristiwa ini pihak berwajib telah meningkatkan keamanan berbagai rumah ibadah, kantor instansi/militer dan juga obyek-obyek vital lainnya. Terlepas dari peristiwa di Ambarawa ini, proses perayaan pra-Paskah dan Paskah di berbagai daerah di Indonesia berlangsung relatif aman. 

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami