Menabung Bukan lagi Masalah, Ikuti 12 Cara Melakukannya! (3/3)
Sumber: cbn.com

Finance / 15 March 2017

Kalangan Sendiri

Menabung Bukan lagi Masalah, Ikuti 12 Cara Melakukannya! (3/3)

Budhi Marpaung Official Writer
3068
Kamu sekarang sudah berada di artikel ketiga tentang mengembangkan kebiasaan menabung. Apakah kamu sudah menerapkan delapan cara yang sudah dibagikan sebelum-sebelumnya? Jika belum, saatnya kamu melakukannya!

Sambil 8 cara lainnya kamu bersiap untuk praktikkan, tidak ada salahnya kamu mengetahui 4 langkah terakhir. Ingat, ini adalah sebuah panduan yang menjadi satu kesatuan. Sangat disayangkan jika kamu melewatkan beberapa cara lainnya.

Tanpa berpanjang lebar, berikut hal-hal yang kamu lakukan untuk membuat jumlah nilai tabunganmu bertambah dan bukannya berkurang setiap bulannya.

9. Pilihlah untuk membeli sedikit barang. Salah satu yang seringkali kita pada umumnya lakukan pada saat berbelanja adalah membeli barang yang tidak perlu. Akibatnya? Barang-barang yang tidak terpakai dalam waktu dekat ini sebenarnya hanya memenuhi ruangan kosong pada rumah.

Tanpa sadar, walau mungkin uangnya tidak seberapa banyak keluar, tetapi tetap saja kita sedang mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya bisa kita tabung atau simpan. Jadi, kapanpun berada di toko atau tempat penjualan, pastikan yang kamu beli adalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

10. Jangan takut untuk melakukan penawaran. Langkah ini memang tidak dapat dilakukan jika kamu pergi ke mini market atau swalayan karena barang yang ada, sudah tercantum harganya. Kalau begitu lalu apa yang diubah? Yang diubah adalah tempat kamu membeli produk.

Pergilah ke tempat-tempat dimana kamu bisa menawar harga barang. Jangan malu atau dianggap tidak modern. Kamu adalah pengelola atas keuanganmu dan Tuhan memberikanmu tanggungjawab untuk memastikan apa yang kamu dapatkan, kamu gunakan dengan benar.

Awalnya mungkin susah untuk melakukan, tetapi dengan strategi yang tepat maka kamu bakal menjadi terbiasa untuk mengerjakannya.  

11. Bandingkan, bandingkan, bandingkan. Sebelum membeli, selalu pastikan untuk melakukan perbandingan harga. Untuk apa? Untuk mendapatkan harga terbaik bagi keuanganmu.

Harga Rp 25.000,- biar bagaimanapun pasti lebih rendah daripada harga Rp 30.000,- . Artinya apa? Selisih lima ribu tetaplah berguna dan bisa ditabung.

12. Bersihkan setiap pembelian yang kamu lakukan. Setiap kamu membeli sesuatu, ingatlah dengan apa yang menjadi tujuan dari menabungmu. Apakah tujuannya adalah untuk membeli rumah, untuk biaya pernikahan, dan sebagainya.

Jadi semenarik apapun produknya, jika itu tidak dibutuhkan dan harganya melebihi dari apa yang kamu set, maka kamu harus tinggalkan itu. Carilah yang lain.

Bersihkan pikiran dan niat untuk membeli barang-barang dengan tujuan kamu menabung. Jika kamu berkomitmen maka kamu pasti bisa mengerjakannya.

 

Demikian 12 langkah yang merupakan panduan untuk membuat kamu menjadi lebih mudah menabung setiap bulannya. Akhir tulisan, selamat mempraktikkan!

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami