Ternyata Otak Bagian Ini yang Bikin Seseorang Bisa Humoris Loh
Sumber: Conscious Life News

Health / 7 March 2017

Kalangan Sendiri

Ternyata Otak Bagian Ini yang Bikin Seseorang Bisa Humoris Loh

Lori Official Writer
5465

Penelitian membuktikan bahwa humor dan tertawa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya mengurangi hormon stres, mendorong regenerasi tubuh, melunakkan otot-otot, menurunkan tekanan darah dan kolesterol dan sebagainya.

Apa yang menyebabkan humor begitu bermanfaat bagi kesehatan? Sebuah studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari University of Southern California menemukan bahwa terdapat dua bagian otak yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kreativitas humor. Kedua bagian otak ini adalah korteks prefrontal medial otak dan wilayah asosiasi temporal otak. Kedua bagian otak ini akan bereaksi sesuai dengan tingkat keahlian seseorang dalam menyampaikan lelucon.

Untuk melakukan percobaan ini, para ilmuwan meminta bantuan dari seorang komedian prefesional dan seorang komedian amatir dan diposisikan duduk bersebelahan. Kedua peserta lalu diminta untuk menulis tentang sebuah lelucon dan mereka lalu dipindai dengan mesin yang mampu mengukur resonansi magnetik.

Setelah pemindaian dilakukan, kedua tulisan peserta itu pun dinilai. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa orang-orang yang lebih berpengalaman dalam komedi memiliki lebih banyak aktivasi di bagian otak temporalnya. Bagian ini menerima informasi sensorik, dimana informasi abstrak, semantik dan asosiasi terpencil bermakna bertemu.

Sementara itu, komedian amatir atau yang bukan komedian cenderung mengandalkan korteks prefrontal nya, yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan dan perencanaan perilaku kognitif yang kompleks.

Penuturan lucu dalam humor ternyata secara langsung terhubung dengan aktivitas di daerah temporal otak. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan otak bagian temporal ini memiliki peringkat kelucuan yang lebih tinggi. “Humor adalah mesin penguji luar biasa untuk belajar kreativitas,” tulis peneliti Irving Biederman.

Humor yang diproduksi dalam otak juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit. Saat tertawa, tubuh akan menghasilkan hormon kebahagiaan yang disebut endorphine. Hormon inilah yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit seperti pada persendian dan nyeri karena luka operasi. Manfaat mencegangkan lainnya soal humor adalah mampu menghilangkan rasa kesepian. 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami