Pasien Kemoterapi Harus Rutin Minum Susu, Ini Alasannya…
Sumber: GadgetLIVE.co.id

Health / 28 February 2017

Kalangan Sendiri

Pasien Kemoterapi Harus Rutin Minum Susu, Ini Alasannya…

Lori Official Writer
32476

Susu menjadi salah satu produk olahan protein hewani yang berasal dari sapi dan bisa dari olahan nabati yang diproduksi dari kacang kedelai. Selain rasanya yang segar dan enak, susu juga memiliki kandungan kalsium, protein, vitamin D dan lemak sehat. Karena kandungan yang dimilikinya inilah susu sangat disarankan untuk dikonsumsi sejak usia belia sampai lanjut usia.

Susu adalah minuman sehat yang tak hanya bisa dikonsumsi orang-orang sehat saja loh! Penemuan terbaru belakangan ini juga menemukan bahwa vitamin yang terdapat dalam susu sangat baik untuk mengobati atau mencegah nyeri saraf yang disebabkan oleh obat kemoterapi yang diberikan kepada pasien penderita kanker.

Para peneliti dalam studi ini menemukan jenis vitamin terbaru yang ada dalam susu yang disebut nicotinamide riboside (NR) atau vitamin B3. Para peneliti mulai melakukan uji coba vitamin ini kepada tikus betina yang menjalani paclitaxel, kemoterapi yang biasa digunakan untuk mengobati kanker payudara dan ovarium. Meskipun kemoterapi mampu meningkatkan ketahanan hidup penderita kanker, tapi banyak dari obat ini juga menyebabkan efek samping yang cukup berat seperti turunnya kualitas hidup penderita.

Selain paclitaxel, banyak juga obat anti-kanker yang biasanya diberikan kepada pasien yang menjalani kemoterapi ternyata menyebabkan kerusakan saraf. “Kemoterapi Neuropati Perifer (CIPN), yang dapat menghambat kelanjutan pengobatan dan pasien bisa bertahan lama setelah perawatan berakhir, sangat mempengaruhi kualitas hidup pasien kanker,” ucap penulis studi Marta Hamity dari Universitas Lowa di Amerika Serikat.

“Temuan kami mendukung gagasan bahwa NR berpotensi dapat digunakan untuk mencegah atau mengurangi CIPN pada pasien kanker, sehingga menghasilkan peningkatan yang berarti terhadap kualitas hidup pasien, dan kemampuan untuk mempertahankan pengobatan yang lebih baik dan lebih lama,” lanjut Hamity.

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Pain ini meletakkan dasar untuk menguji apakah suplemen gizi ini dapat mengurangi nyeri saraf pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Zat Nicotinemide Riboside (NR) ini diketahui dapat meningkatkan kadar metabolisme sel yang disebut dengan Nicotinamide Adenin Dinukleotida (NAD+). Sebelumnya penelitian pada hewan telah menunjukkan terjadinya peningkatan NAD+ dengan NR bermanfaat untuk melindungi berbagai jenis kerusakan saraf. Dari uji coba ini ditemukan bahwa suplemen NR bisa meningkatkan jumlah NAD+ dalam darah tikus sekitar 50%.

Sayangnya, peneliti tidak menyebutkan jenis susu apa yang memiliki kandungan NR atau vitamin B3 ini dan berapabanyak kadar susu yang harus dikonsumsi pasien setiap harinya. Tapi pastinya informasi ini bisa menambah pengetahuan kita ya soal manfaat lain dari susu.

Semoga informasinya berguna buat para pembaca. 

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami