Menarik! 18 Hari Kerja Bisa Buat Karyawan Lebih Produktif
Sumber: freepik.com

Career / 24 February 2017

Kalangan Sendiri

Menarik! 18 Hari Kerja Bisa Buat Karyawan Lebih Produktif

Angelia Agatha Official Writer
5153

Berbagai metode dan cara dilakukan perusahaan untuk membuat para karyawannya bekerja secara produktif, salah satunya dilakukan oleh banyak perusahaan di dunia seperti REI, perusahaan penyedia peralatan jelajah, yang memberikan hari libur tambahan kepada karyawannya sebagai “Yay Day” pada hari jumat. Luar biasa, bukan?

Ide kerja 18 hari ini berpengaruh manfaatnya karena disaat kompetisi dari antar karyawan atau project-project kantor yang semakin banyak membuat tenaga fisik dan psikis karyawan berkurang, satu hari libur tambahan ini membawa kesegaran kepada karyawannya sehingga dapat bekerja lebih produktif.

Karyawan pada perusahaan-perusahaan yang menerapkan metode ini memanfaatkan hari libur tambahan mereka untuk bersenang-senang. Beberapa diantara mereka  pergi mengikuti marathon dan terlibat pada kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungannya lebih lagi. Hal ini cenderung membawa kekreatifan sebab mereka mampu melihat persoalan yang terjadi lingkungan mereka sehingga timbul ide-ide baru yang berpotensi menguntungkan bagi perusahaan.

Hasil lainnya yang tidak kalah mengejutkan datang dari tingkat loyalitas karyawan. Sebab karyawan mendapatkan kenyamanan dari perusahaan yang memberikan waktu mereka bersama keluarga lebih banyak dibandingkan perusahaan lainnya.

Meski pada awalnya perusahaan yang menerapkan metode 18 hari kerja ini akan berkendala pada segi finansial, namun lambat laun akan terasa keefektifannya karena karyawan lebih produktif dan tingkat resign dari pekerjaan menurun. Hal ini tentu menurunkan biaya untuk membuka lowongan serta pelatihan-pelatihan bagi karyawan baru. Cara ini juga bisa menjadi bukti perusahaan menghargai para pekerjanya karena mampu menyediakan waktu seimbang antara bekerja dan berkeluarga. 

Sumber : liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami