Apakah Yesus Benar-benar Bangkit Atau Hanya Cerita Dongeng?
Sumber: Renungan Harian

Kata Alkitab / 4 April 2021

Kalangan Sendiri

Apakah Yesus Benar-benar Bangkit Atau Hanya Cerita Dongeng?

Puji Astuti Official Writer
19159

Scott Slayton seorang pendeta di Chelsea, Alabama, Amerika Serikat menceritakan kisah tentang seorang profesor di seminari atau sekolah Alkitab yang begitu kritis dalam mempelajari Alkitab. Hal itu membuat si profesor meragukan semua klaim mukjizat yang terjadi di Alkitab. Istri sang profesor yang selama bertahun-tahun hidup bersamanya mendengarkan semua teorinya berada dalam posisi yang sulit ketika ia menghadapi kematian. 

Di saat-saat terakhirnya, sang istri bertanya pada profesor itu apakah Yesus benar-benar bangkit dari kematian. Dia mulai menceritakan berbagai teori tentang kebangkitan Yesus namun si istri menyelanya. Dia tidak ingin mendengar berbagai teori. Dia ingin tahu apakah tubuh yang sama yang di taruh dalam kubur itu tiga hari kemudian bangkit. Sayangnya, sang suami merenggut harapan istrinya dengan menjawab, "Saya tidak tahu." Ketika bicara tentang kebangkitan, si profesor itu tidak bisa menawarkan harapan sedikitpun. 

Fakta bahwa tentang kebangkitan Yesus itu sangat penting! Mengapa? Paulus menuliskan dalam 1 Korintus 15:13-14 seperti ini:

"Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu."

Salib tanpa kebangkitan, maka hal itu akan sia-sia, karena kebangkitan adalah bukti bahwa Yesus Kristus telah mengalahkan maut, dosa manusia sudah terbayar lunas dan kehidupan kekal menjadi hak bagi mereka yang percaya kepada-Nya. 

Lalu apa saja fakta bahwa kebangkitan Yesus adalah sesuatu yang nyata?

1# Hal ini sudah dinubuatkan di Perjanjian Lama

Pada Lukas 24, diceritakan tentang dua orang murid Yesus yang sedang dalam perjalanan menuju ke sebuah kampung bernama Emaus.Dalam perjalanan itu mereka bertemu dengan orang yang sama-sama dalam perjalanan dimana mereka menceritakan tentang Yesus yang disalibkan dan mereka mendengar kabar bahwa Yesus yang sama telah bangkit dari kematian. Mereka tidak sadar bahwa orang yang bersama mereka adalah Yesus sendiri. 

Yesus bahkan menghardik mereka dan menyebut mereka sebagai orang bodoh. Yesus berkata, "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?" (Lukas 24:25-26).

Yesus sendiri menjelaskan berbagai hal yang dituliskan dalam Perjanjian Lama tentang diri-Nya. 

Daud menuliskan dalam Mazmur 16:9-10 seperti ini tentang Yesus: "Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan."

Daud tidak menyatakan "Orang Kudus-Mu" sebagai dirinya sendiri tetapi adalah Kristus yang akan lahir dari keturunannya. Dia sudah melihat 1000 tahun ke depan, ketika Yesus bangkit dan mengalahkan maut. 

 

Baca Juga: 8 Hal Ini Sudah Kamu Terima Lewat Kebangkitan Yesus, Sudahkah Kamu Mengimaninya?

 

2# Kesaksian para saksi mata

- Orang pertama yang melihat Yesus

Orang pertama yang menjadi saksi mata akan kebangkitan Yesus Kristus adalah seorang wanita. Matius 16:9 menuliskan seperti ini: "Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan."

- Saksi mata kedua adalah dua murid yang menuju Emaus. 

"Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota." (Matius 16:12)

- Kesaksian Kesebelas murid Yesus dan 2 murid yang dari Emaus

Saat 2 murid yang bertemu dengan Yesus dalam perjalanan ke Emaus kembali ke Yerusalem dan bercerita kepada 11 murid Yesus, tiba-tiba mereka mendapat kejutan :

Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!"  (Lukas 24:36).

- Kesaksian Tomas

Kesaksian  Tomas sangat istimewa, karena ia adalah orang yang tidak mempercayai perkataan teman-temannya saat diceritakan bahwa Yesus sudah bangkit dan menampakkan diri kepada mereka. Pada akhirnya ia menyentuh bekas luka di tangan dan dan lambung Yesus.  Dalam Yohanes 20:26-29 dituliskan seperti ini:

Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."

Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

 

Baca Juga: Fakta Tak Terbantahkan Kematian dan Kebangkitan Kristus

 

- Lebih dari lima ratus orang jemaat mula-mula 

Ya, benar! Bukan hanya satu atau dua orang, atau bahkan dua belas murid saja, tetapi Paulus mencatat lebih dari lima ratus orang yang menjadi saksi mereka melihat Yesus sudah bangkit. 

Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. (1 Korintus 15:6)

- Kesaksian Paulus

Paulus yang sebelumnya bernama Saulus dan merupakan salah seorang penganiaya jemaat mula-mula bertemu dengan Yesus setelah Dia naik ke Sorga, dia menuliskan seperti ini: 

"Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah."  (1 Korintus 15:8-9). 

Luar biasa bukan? Alkitab membuktikan dan menjadi saksi bahwa Yesus hidup, Dia telah bangkit dan mengalahkan maut, dan kini Dia telah duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Namun semua kisah ini tidak berakhir disana, karena ada satu lagi yang dinantikan dan harus disaksikan oleh semua orang percaya, yaitu bahwa Yesus akan datang kembali, sama seperti yang disampaikan malaikat ini kepada mereka yang menyaksikan Yesus naik ke Sorga, "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." (Kisah Para Rasul 1:11).

 


Apakah kamu sudah percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat yang sudah menderita, disalibkan, mati, dan bangkit untuk menebus kamu? Jika saat ini kamu terdorong untuk didoakan dan percaya kepada Yesus, segera hubungi Sahabat 24 kami di Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/yjInginDidoakan.

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami