MPL PGI Kembali Bersidang, 4 Tema Utama Dibahas!
Sumber: Istimewa

Nasional / 28 January 2017

Kalangan Sendiri

MPL PGI Kembali Bersidang, 4 Tema Utama Dibahas!

daniel.tanamal Official Writer
3976


Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL – PGI) kembali mengadakan sidang tahunan, kali ini diadakan di Agrowisata, Salatiga, Semarang, Jawa Tengah, mulai 27 hingga 31 Januari 2017. Dalam sidang kali ini Tema dan Sub-tema yang diambil adalah: “Tuhan Mengangkat Kita dari Samudera Raya” (Maz. 71: 20b).

Dalam sidang kali ini ada empat tema utama yang dibahas, yaitu yang termaktub didalam Subtema: “Dalam Solidaritas dengan Sesama Anak Bangsa, Kita Tetap Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila Guna Menanggulangi Kemiskinan, Ketidakadilan, Radikalisme dan Kerusakan Lingkungan". Sidang ini dihadiri oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin; Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; dan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang.

Ketua Umum PGI, Pdt. DR Henriette H Lebang mengatakan gereja bertekad menumbuhkembangkan kepedulian terhadap kesenjangan sosial dan kesejahteraan rakyat. “Salahsatunya adalah perjuangan keadilan agraria bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu menurutnya, Gereja turut mengapresiasi dan mendukung program pemerintah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memberikan restribusi tanah sebesar 700.000 Hektare (Ha) untuk rakyat. “Gereja berharap dan mendukung upaya Presiden Jokowi, yang selama ini telah kita lihat untuk membawa masyarakat yang adil dan sejahtera,” tuturnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa gereja prihatin terhadap sikap intoleran sekelompok orang yang terjadi akhir-akhir ini yang dapat memecah-belah bangsa dan mengancam keutuhan NKRI. Khususnya Pilkada serentak kali ini (2017), Henriette berharap dapat berjalan dengan baik. Masyarakat, khususnya warga gereja menggunakan hak pilihnya dan dewasa dalam berdemokrasi. “Jangan lagi menggunakan isu SARA. Pilkada dapat menghasilkan pemimpin yang jujur dan mau bekerja untuk kesejahteraan rakyat banyak,” harapnya.

Seusai memberikan kata sambutan, Menag ditemani Gubernur Jateng, Ketua KPK dan Ketua Umum PGI memukul gong tanda sidang MPL PGI 2017 dibuka, disambut oleh tepuk tangan oleh utusan dari 98 sinode

 

Sumber : berbagai sumber | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami