7 Kebiasaan Keuangan Yang Akan Membawamu Ke Level Baru Kemakmuran
Sumber: Jawaban.com

Finance / 26 January 2017

Kalangan Sendiri

7 Kebiasaan Keuangan Yang Akan Membawamu Ke Level Baru Kemakmuran

Puji Astuti Official Writer
4517

Apa yang menjadi kebiasaan kamu dalam menggunakan dan mengelola uang kamu? Cobalah cek dimulai dari bagaimana saat hari gajian tiba, apa yang pertama kali kamu lakukan di hari itu? Beberapa langsung bernafas lega, pergi ke ATM dan makan di kafe favorit sebagai balas dendam karena beberapa hari terakhir hari berhemat hingga harus makan mie instant setiap hari. 

Cara atau kebiasaan kita menggunakan uang akan menentukan bagaimana gaya hidup dan juga masa depan kita. Ngga percaya? 

Yuk kita kembali pada kisah di paragraf awal tadi, ketika gajian tiba kita rasanya senang dan ingin membeli apa saja dan bebas melakukan apa saja. Namun kalau ini yang kita lakukan, belum sampai gajian lagi kita sudah kehabisa uang, dan pola ini akan terus terulang bulan demi bulan, dan ketika tiba kita ngga bisa kerja lagi, kamu bisa membayangkan bagaimana nasibmu?

Nah, kalau kamu mau merubah gambaran masa depanmu, kamu harus merubah kebiasaanmu menggunakan uang. Namanya mengubah kebiasaan pasti sulit, karena kita merubah sesuatu yang sudah biasa kita lakukan selama bertahun-tahun. Untuk merubahnya, kamu mungkin bisa mencoba saran dari penulis buku bernama James Clear ini. Dia mengungkapkan kebiasaan bisa diubah dalam tiga tahap :

1. Pengingat, apa yang bisa menjadi pengingat dan memotivasi kamu untuk melakukan kebiasaan baru itu

2. Mudah, pilih kebiasaan yang mudah dan sederhana untuk dilakukan secara terus menerus; tindakan harus dibuat. 

3. Hadiah, beri hadiah pada dirimu sendiri jika kamu berhasil membangun kebiasaan baru itu. Mengapa hal ini harus dilakukan? Sangat penting untuk merayakan keberhasilan. Hal itu akan membuatmu merasa senang. Hadiah disini tidak harus sesuatu yang 'wah' atau 'luar biasa', bisa juga hal-hal kecil namun hal itu berarti bagimu. 

Apa saja kebiasaan baru dalam hal keuangan yang akan membawamu ke level baru kemakmuran? Berikut adalah 7 hal yang disarankan: 

1. Buat target yang jelas untuk kondisi keuanganmu

Mulai dengan target tahun 2017, lalu mulai persempit menjadi targetmu setiap bulan. "Jelas tetang apa yang menjadi target keuangmu adalah langkah pertama menuju keuangan yang benar," demikian ungkap Yasir Khan, pendiri dan pemimpin editor Wealhtkept.com. 

"Membuat keuanganmu menjadi benar - bisa membuat prioritas bagaimana akan menggunakan uangmu - hanya bisa dicapai dengan menyingkirkan tanggungan-tanggungan yang tidak penting," demikian tambahnya. 

Hal ini akan membuatmu fokus, akan membuatmu lebih semangat untuk menggapai impian-impianmu. 

2. Cari tambahan penghasilan

Cara terbaik untuk meningkatkan kondisi keuangan adalah dengan meningkatkan penghasilan. Mulailah kreatif dan melihat apa yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan. Gunakanlah waktu luangmu untuk membangun usaha sampinganmu. Mulailah dari hal-hal kecil dan sederhana, seperti bekerja sebagai freelancer atau berjualan online. 

3. Prioritaskan untuk menyelesaikan hutang-hutangmu

Salah satu kebocoran terbesar dalam keuangan adalah hutang. Masalahnya hutang kalau dibiarkan dia akan semakin besar. Jadi pastikan kamu membuat target untuk menyelesaikan hutangmu, aturlah gajimu sehingga setiap bulan bisa menyicil hutang-hutang tersebut. Jadikan target di akhir tahun 2017 kamu sudah bebas dari hutang. 

4. Buatlah tabungan

Jadikan menabung menjadi kebiasaan baru di tahun 2017 ini. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, seperti memotong langsung dari gajianmu setiap bulan ke rekening khusus, atau menabung setiap hari 5000 rupiah atau 10.000 rupiah di celengan khusus. 

5. Mintalah nasihat dari ahlinya atau orang yang lebih berpengalaman

Jadikan ini menjadi kebiasaan, karena kita butuh masukan dari orang lain, termasuk dalam masalah keuangan atau usaha. Jangan pernah malu untuk belajar dari orang lain, dari pada kamu melakukan sebuah kesalahan yang nantinya kamu sesali bukankan lebih baik bertanya dan mendengarkan nasihat orang dan menghindari kesalahan itu?

6. Berhenti belanja karena di dorong keinginan

Belanjalah karena kamu membutuhkan barang itu. Jangan karena ingin atau sekedar mau mengikuti gaya hidup dari teman-temanmu. 

7. Hiduplah sederhana

Banyak orang yang telah menjadi miliarder hidup sangat sederhana, tidak seperti yang kamu bayangkan. Kalau kamu ingin menjadi orang sukses seperti mereka, maka bangunlah kebiasaan untuk hidup sederhana dan dibawah pemasukanmu. Ingatlah bahwa kebahagiaan itu bukan karena memiliki banyak hal, namun kebahagiaan itu muncul dari rasa syukur dan ras cukup. 

Yang terakhir harus kita ingat bersama adalah, uang itu bukan tujuan akhir, tetapi alat. Jadi jangan fokus untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin, itu tidak akan membuatmu bahagia. Jadikanlah uang sebagai alat untuk mengejar dan mewujudkan impian dan panggilan hidupmu. 

Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Inipun sia-sia. ~ Pengkotbah 5:10


Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami