Jadilah Rendah Hati, Jangan Sombong!
Kalangan Sendiri

Jadilah Rendah Hati, Jangan Sombong!

daniel.tanamal Official Writer
      6992

 Amsal 29:23

"Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian."

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 19; Matius 19; Kejadian 37-38

Sudah jadi lagu lama, setiap orang sangat suka yang namanya dipuji dan dihormati, apalagi dihargai orang lain. Sebaliknya, siapapun yang memandang sebelah mata, bahkan sampai merendahkan, pasti akan dianggap sebagai musuh.

Namun yang mengerikannya lagi, banyak juga yang sulit untuk mengakui keberhasilan orang lain, atau memberikan motivasi atau sedikit saja pujian. Padahal hal yang demikian membuat oranglain merasa diperhatikan dan diberkati. Hanyalah seorang yang memiliki kerendahan hati yang mau mengakui kelebihan atau prestasi orang lain.

Memang benar bahwa, tanpa kerendahan hati, seseorang sulit memuji orang lain. Hanya dengan adanya sikap rendah hati, kita bisa mengikis rasa ego kita, mau belajar dari orang lain dan bisa memberi pujian. Hanya orang yang rendah hatilah yang dapat memuji orang lain dan mengakui kelebihannya.

Untuk itu mari kita bersama-sama belajar untuk menjadi orang yang rendah hati dan bukan lagi orang yang sombong, karena  "Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya Tuhan sajalah yang maha tinggi pada hari itu." (Yesaya 2:11).

Sebaliknya, orang yang rendah hati dikasihi oleh Tuhan. Pemazmur berkata, "Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati."  (Mazmur 25:9).

Ikuti Kami