Ini Alasan Pentingnya Bangun Persahabatan Dalam Pernikahan
Sumber: herbeauty.co

Marriage / 18 January 2017

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Pentingnya Bangun Persahabatan Dalam Pernikahan

Lori Official Writer
5185

Kalian suka nggak ngamatin gimana sepasang suami istri itu tingkahnya kayak sahabat karib banget? Mereka biasanya suka berantem lucu, ketawa bareng, atau saling sukanya bertingkah aneh bareng. Jujur ya, tipe pasangan begini nih yang paling banyak orang demmen. Kalau kamu mau ndak punya hubungan persahabatan kayak begitu sama pasangan kamu sendiri walaupun kalian udah nikah loh. Mau dong ya pastinya?

Nah, buat kamu yang belum tahu kudu tahu. Kalau ternyata pasangan menikah yang selalu membangun persahabatan di antara mereka ternyata bermanfaat besar buat kelanggengan pernikahan loh. Di buku Tom Rath berjudul ‘Vital Friends The People You Can’t Afford to Live Without’, dia menulis bahwa sekitar 70 persen kepuasan pernikahan tercapai ketika pasangan membangun persahabatan. Faktor persahabatan ini bahkan ditemukan jauh lebih bermanfaat bagi kebahagiaan pernikahan dibanding faktor-faktor seperti keintiman fisik, pengasuhan, struktur, dan bahkan kehidupan seksual.

Seorang pakar keluarga Alyson Weasley dari Focuc On The Family mengatakan, persahabatan harus dibangun lewat kejujuran, ketergantungan, kebersamaan dan rasa saling menghormati. Persahabatan menjadi motivasi untuk membangun intensitas dan kesatuan di tengah-tengah konflik, perbedaan dan kekurangan masing-masing. Persahabatan yang kuat dan sehat akan menuntut sedikit dari pasangannya  dan hal itu mengindikasikan adanya sikap saling menghargai di antara suami dan istri.

Apakah persahabatan berdampak buruk bagi hubungan?

Persahabatan dalam pernikahan akan berubah jadi masalah kalau masing-masing pasangan dituntut untuk memberikan yang terbaik bagi pasangannya hanya untuk menciptakan kesenangan dan keakraban bersama. Pernikahan tanpa dasar persahabatan yang kuat lebih mungkin gagal atau menghadapi kekacauan.

Sebaliknya, persahabatan dalam pernikahan bisa menciptakan kesan yang menyenangkan bagi pasangan bila masing-masing mengekspos segala hal soal dirinya dan tidak berniat untuk menyembunyikan rahasia dari pasangannya. Hal ini dikatakan dalam 1 Korintus 13: 5-6, “Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.”

Kenapa persahabatan jadi fondasi yang penting dalam pernikahan?

Karena Tuhan merancang pernikahan untuk membangun persahabatan. Kejadian 2: 24 menjelaskansoal cetak biru dari pernikahan yang dirancang Tuhan. “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Kata ‘menjadi satu daging’ di sini bukan berarti hanya hidup di bawah satu atap yang sama saja sampai akhir hayat. Tapi suami istri harus menciptakan hubungan yang kuat dan berkembang sesuai dengan desain Allah.

Mungkin alasan yang paling kuat menjawab pertanyaan mengapa persahabatan penting dalam pernikahan adalah karena Allah merancangnya untuk menjadi sedemikian. Sebuah pernikahan tidak hanya bertujuan untuk menikmati persahabatan secara fisik, atau untuk kesenangan saja. Tetapi lebih dari itu, untuk membangun hubungan yang tulus dengan seseorang yang akan bermitra denganmu dan bersama-sama menghadapi pasang surut kehidupan.

Apakah persahabatan sejati ada dalam pernikahan? Jawabannya tentu saja ya karena persahabatan sejati itu bisa terjadi kalau didasarkan dengan kasih Tuhan. Bagi pasangan suami istri yang mengasihi dan mengenal Tuhan, kemungkinan hal bisa mereka alami. Karena kasih Tuhan berdiam di dalam hati mereka, hanya saja mereka akan terus mengalami proses pembaharuan akal budi (Roma 12: 2). Inilah alasannya kenapa pernikahan perlu dijalin di antara sesama anak Tuhan, bukan dengan dia yang belum menerima Tuhan dalam hidupnya.

Kasih Tuhan yang tidak egois menuntut kita untuk belajar memusatkan perhatian kepada orang lain, terutama orang-orang terdekat yang kita kasihi. Salah satunya pasangan kita. Jadi dari sekarang, buat kamu yang merasa masih agak-agak enggan atau canggung dengan pasangan bisa mulai cari cara supaya kamu dan dia bisa semakin erat kayak prangko!

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami