Reaksi Paus Fransiskus atas Tewasnya 60 Tahanan di Brasil

Reaksi Paus Fransiskus atas Tewasnya 60 Tahanan di Brasil

daniel.tanamal Official Writer
2540
Buntut dari tewasnya hampir 60 tahanan di sebuah penjara Brasil akibat persaingan antargeng narkoba, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus, pada Rabu (4/1/2017), segera mengimbau agar tahanan di seluruh dunia diperlakukan secara manusiawi.

“Saya mengungkapkan rasa sakit dan kekhawatiran atas apa yang terjadi. Saya berdoa bagi mereka yang telah meninggal dan keluarga mereka dan untuk semua tahanan di penjara itu dan orang-orang yang bekerja di sana,” kata Paus saat perayaan misa mingguannya di hadapan ribuan umat di Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Paus Fransiskus dikenal sebagai salah satu tokoh yang juga memberikan perhatian lebih kepada para tahanan. Hal itu dibuktikannya dengan mengunjungi penjara dalam perjalanan luar negerinya dan baru-baru ini mengadakan misa untuk sekitar 1.000 napi yang diizinkan keluar secara singkat dari penjara untuk menghadiri misa di Basilika, Santo Petrus. “Penjara harus menjadi tempat pendidikan ulang dan re-integrasi ke masyarakat dan kondisi tahanan harus layak untuk manusia," Paus menambahkan.

Dalam kekerasan mematikan yang terjadi pada Senin (2/1/2017) dini hari di penjara kota Manaus, Brasil itu sebagian tahanan dibunuh dengan cara dipenggal dan tubuh mereka dilemparkan ke dinding penjara. Membuat kejadian itu menjadi kerusuhan yang paling paling mematikan di sebuah penjara Brasil selama dua dasawarsa.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami