Para Rabi Yahudi di Israel Larang Pemasangan Pohon Natal
Sumber: Dwidayatour.com

Internasional / 28 December 2016

Kalangan Sendiri

Para Rabi Yahudi di Israel Larang Pemasangan Pohon Natal

daniel.tanamal Official Writer
3239


Para pemuka agama Yahudi di Israel melarang pemasangan pohon Natal. Mereka menganggap pohon Natal yang di negara Barat  menjadi simbol kemeriahan hari raya itu merupakan ancaman bagi agama Yahudi. Bahkan seorang rabbi menyebut pohon Natal sebagai simbol berhala lewat akun Facebooknya.

Rabbi Elad Dokow meminta para mahasiswa tak memasuki aula bahkan untuk keperluan membeli makanan. Berbagai jenis larangan ini merefleksikan berlanjutnya ketegangan terkait pluralisme agama antara kelompok garis keras dan Yahudi sekular. "Ini bukan masalah kebebasan memeluk agama. Israel adalah satu-satunya negara Yahudi di dunia," kata Dokow.

Hal itu dibenarkan oleh seorang mahasiswa fakultas teknik Rabea Mahajni (24) yang mengatakan bahwa keputusan ini memang memunculkan perbedaan pendapat di antara mahasiswa dan staf universitas beragama Yahudi. Mayoritas mahasiwa dan staf universitas beragama Yahudi menentang adanya pohon Natal di aula kampus.

"Salah seorang profesor lewat akun Facebooknya mengatakan, pohon Natal itu membuatnya tak nyaman. Dia menambahkan, mereka yang ingin pohon Natal sebaiknya memasangnya di rumah atau pergi ke Eropa," tambah Rabea kepada Al Jazeera.

Seperti diketahui, sekitar 25 persen  dari seluruh penduduk Israel tidak memeluk agama Yahudi. Masalah soal pohon Natal dan perayaan tahunan keagamaan lain selalu muncul dan menyulut debat pluralisme selama beberapa bulan terakhir.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami