10 Fakta Natal yang Belum Pernah Anda Ketahui (Part 1)

Internasional / 20 December 2016

Kalangan Sendiri

10 Fakta Natal yang Belum Pernah Anda Ketahui (Part 1)

Lori Official Writer
3760

Ketika Anda tengah sibuk membungkus kado Natal dan mempersiapkan pesta untuk merayakan Natal bersama keluarga dan teman-teman, ada pentingnya bagi Anda untuk mengetahui cerita mengejutkan Natal yang belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Ini waktunya untuk memberitahukan Anda tentang 10 fakta yang bisa menambah pemahaman Anda tentang Natal:

1. Penulis Asal New York adalah sosok di balik tampilan Santa modern saat ini

Kelompok penulis New York The Knickerbockers adalah pencetus ide dari tampilan Santa Claus modern seperti sekarang ini. Mereka memperkenalkan cerminan sosok Santo Nicholas, orang suci yang dipercaya sebagai pelindung anak-anak,  dalam bentuk pria berpakaian dan bertopi merah yang akan selalu membagi-bagikan kado kepada anak-anak setiap kali Natal tiba. Hal ini pertama kali diilhami oleh buruknya kondisi demokrasi di awal abad ke-19 di New York. Sosok Santa semakin dikenal luas setelah penulis Asal Washington, Irving menulis buku berjudul ‘The Legend of Sleepy Hollow’ yang bercerita soal memberi dan kemurahan hati. Dia juga menggambarkan Santa sebagai orang yang berpostur tubuh besar, kerap mengenakan setelan kostum merah lengkap dengan pipa rokoknya. Merasa tertarik dengan gambaran Santa ini, Clement Clarke Moore, seorang pengarang puisi akhirnya membuat puisi berjudul ‘A Visit from St. Nicholas’ dimana dia juga menggambarkan bahwa rupa Santa yang kita kenal seperti saat ini.

2. Santa tidak selalu memiliki janggut

Tentu saja, Moore dan perusahaan yang menyebarluaskan cerita tentang Santa ini hanya berusaha untuk meningkatkan citra mereka. Menurut buku ‘One Night Stand with American History’ di abad ke-17, pengungsi Belanda membawa sosok pria gemuk periang ke sekitar pantai Amerika dan menilai bahwa seorang Santa itu adalah pria yang ‘tinggi, ramping, dan sangat bermartabat’ tanpa punya janggut. Namun seniman dan kartunis politis Thomas Nast menambahkan janggut dan sosok gemuk seorang Santa di halaman majalah ‘Harper Weekly’ selama abad ke-19 akhir. 

3. Kereta rusa Santa tidak melaju dengan kecepatan cahaya

Selama ini Anda mungkin berpikir bahwa Santa akan mengunjungi setiap anak-anak di seluruh dunia dalam satu malam (dan saat Anda berusia 10 tahun maka cerita ini akan Anda responi hanya dengan menggaruk-garuk kepala). Faktanya, cerita soal kereta rusa Santa yang berkecepatan cahaya itu hanyalah karangan. Secara teknis, Santa punya waktu 34 jam untuk menyelesaikan tugasnya dan menurut Departemen Energi AS, Fermilab, jika kereta rusa memang punya kecepatan sebesar kecepatan cahaya, maka Santa bahkan hanya bisa mengunjungi sekitar 800 juta rumah dari seluruh anak-anak yang ada di berbagai belahan dunia.

4. Yesus tidak lahir di tanggal 25 Desember

Natal adalah perayaan besar atas kelahiran Yesus Kristus. Tetapi gereja mungkin harus memeriksa kembali tanggal yang sah dari kelahiran Yesus di zaman itu. Kita percaya bahwa Yesus memang lahir di tanggal 25 Desember. Namun seorang teolog awal menemukan bahwa ulang tahun Yesus jatuh pada tanggal 18 November. Sementara seorang Uskup dari Alexandria mempercayai bahwa Yesus lahir pada 28 Maret.

Kendati banyak versi soal tanggal kelahiran Yesus. Kebenarannya Alkitab tidak mencantumkan tanggal atau waktu kelahiran Yesus. Ditetapkannya tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus di abad ke-4 kemungkinan besar dipengaruhi oleh munculnya perayaan pagan di hari libur saat itu.

5. Penggunaan kata ‘Xmas’ tidak benar menghapus Kristus dalam ‘Christmas’

Banyak orang yang mulai protes dan menyebar isu bahwa penggunaan kata ‘Xmas’ untuk menyatakan ‘Christmas’ adalah penyesatan. Kata itu dipercaya telah menghilangkan kata Christ dari dalamnya. Tapi jika orang-orang ini benar-benar tahu asal-usul sebenarnya dari kata itu, mereka mungkin akan memilih versi asli dari penggunaan kata ‘Christmas’ ini. Menurut sejarahnya, kata Christianity dieja dengan Xianity, yang silabelnya adalah X’temmas pada tahun 1551. Dan akhirnya disingkat menjadi Xmas.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mempersiapkan Natal dan mengalami sukacita senantiasa. Tuhan Yesus memberkati!

Sumber : Factretriever.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami