Di Ultah ke-80, Ini 5 Harapan Untuk Paus Fransiskus
Sumber: Latintimes.com

Internasional / 17 December 2016

Kalangan Sendiri

Di Ultah ke-80, Ini 5 Harapan Untuk Paus Fransiskus

Lori Official Writer
5143

Tepat hari ini, 17 Desember 2016, pemimpin Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus berulang tahun. Tapi ucapan selamat ulang tahun malah sudah banyak disampaikan beberapa hari sebelum hari ini. Kendati begitu, Paus tetap menghargai ucapan-ucapan tersebut, meskipun dirinya harus mengakui bahwa tindakan itu justru pertanda buruk.

“Terima kasih banyak untuk ucapan Anda mengenai ulang tahun saya yang akan datang. Tapi saya akan memberitahu Anda sesuatu yang akan membuat Anda tertawa. Di negara saya, mengucapkan selamat untuk sesuatu yang belum terjadi hanya akan membawa sial dan mereka yang melakukannya adalah orang-orang sial,” tulis Paus Fransiskus dalam akun Twitternya.

Namun terlepas dari lelucon tersebut, jutaan orang yang menghormati Paus pasti ingin sekali menyampaikan ucapan selamat ulang tahun serta harapan baru bagi paus yang tahun ini sudah berusia 80 tahun. Sejumlah harapan dipanjatkan, tetapi 5 harapan ini merupakan sebagian kecil dari yang disampaikan untuk paus.

1. Paus mampu menangkis para pengganggu  

The Joy of Love adalah cerminkan tentang makna cinta yang dipahami dunia saat ini. Dia mencoba untuk memposisikan anugerah di tempat pertama, tanpa harus berpatokan pada ajaran gereja tentang pernikahan. Banyak kalangan konservatif yang berkata bahwa hal itu sangat membingungkan dan mereka terus mendesak paus. Saya berharap mereka bisa belajar di tengah kebingungan itu; hidup jauh lebih berantakan dibanding dengan tuntutan pengajaran gereja.

2. Paus bisa menikmati hidup

Paus Fransiskus sudah menghabiskan selama 8 dekade hidupnya dalam iman. Saya tentu saja tidak mungkin melakukan itu, tapi jelas bahwa dia benar-benar mengasihi Kristus dan dia dikasihi oleh Tuhan. Di masa senja kehidupannya, saya ingin melihat dia menghabiskan waktunya dengan menikmati hidup.

3. Semoga Paus bisa belajar dari pendahulunya

Paus benediktus XVI memutuskan pensiun ketika ia merasa sudah tidak lagi bisa mengerjakan tugasnya dengan efektif. Sementara Ratu Elizabeth telah bersumpah tidak akan melakukannya, tapi hal ini sedikit berbeda: Paus adalah kepala eksekutif dari sebuah organisasi yang besar, dan dibutuhkan seseorang untuk menjalankannya. Yohanes PAulus II menjabat terlalu lama dan itu sangat menyedihkan. Jika Paus Fransiskus ingin sekali pensiun dalam kurun waktu beberapa tahun ini, hal itu mungkin akan baik bagi gereja dan juga bagi dirinya sendiri.

4. Semoga Paus terus menyampaikan kebaikan

Secara teologis, paus Fransiskus memiliki pandangan yang sangat baik. Dia berbicara dari hati tentang orang-orang nyata, dan menjadi Paus tidak terlepas dari pengalaman kehidupan nyata mereka. Apa yang dia katakan kadang-kadang bukan sesuatu yang Anda harapkan dia katakan, tetapi setiap ucapan itu berasal dari hati mereka yang penuh rahmat.

5. Semoga Paus terus menjangkau orang-orang berdosa

Godaan yang selalu menghadang Gereja Katolik Roma adalah kebanggaan bahwa gereja ini menganggap dirinya sebagai yang paling benar. Tetapi kehadiran Paus Fransiskus telah mengubah cara pandang Gereja Katolik terhadap gereja Protestan dan juga Orthodoks. Meski tidak selalu diterima, tetapi tak seorang pun yang bisa menghentikannya.

Namun di atas dari semua harapan yang dipanjatkan untuk Paus Fransiskus, kita berharap Paus terus beroleh berkat kesehatan, kebijaksanaan dan kasih seperti kasih Allah Bapa. Kiranya Tuhan memberkati pemimpin Gereja Katolik ini di hari-hari ke depan. 

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami