Serangan Bom Gempur Aleppo, Paus Mohonkan Ini Pada Presiden Suriah
Sumber: theguardian.com

Internasional / 16 December 2016

Kalangan Sendiri

Serangan Bom Gempur Aleppo, Paus Mohonkan Ini Pada Presiden Suriah

Lori Official Writer
3621

Paus Fransiskus menyampaikan permohonan untuk menghentikan aksi brutal serangan bom di Aleppo kepada Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Pernyataan ini disampaikan oleh Kardinal Vatikan Uskup Agung Mario Zenari, yang menjabat sebagai Duta Vatikan untuk Suriah. Pertemuannya dengan Presiden Assad kabarnya sudah dihelat pada 12 Desember 2016 lalu.

Vatikan melaporkan, Paus meminta Presiden Assad agar pemerintah melindungi warga sipil dan perang yang masih terus bergejolak di kota Aleppo bisa segera dihentikan. “Atas nama Kardinal Vatikan Uskup Agung Mario Zenari, Bapa Suci berusaha menunjukkan tanda kasih sayang bagi orang-orang Suriah, yang beberapa tahun belakangan ini sudah dicoba,” tulis dalam pernyataan tersebut.

Dalam surat yang dikirim, Paus Fransiskus juga menyatakan seruannya kepada Presiden Assad dan masyarakat Internasional untuk mengakhiri kekerasan dan perdamaian atas permusuhan, mengutuki segala bentuk ekstrimisme dan terorisme dalam bentuk apapun, dan mendorong presiden untuk memastikan bahwa hukum humaniter Internasional sepenuhnya dihormati berkaitan dengan perlindungan warga sipil dan akses bantuan kemanusiaan.

Namun pada saat yang sama, pasukan pemerintah Suriah mengumumkan bahwa kelompok teroris tengah mengontrol wilayah bagian Timur Aleppo.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churckin menyatakan bahwa kegiatan militer di Alleppo harus dihentikan. Dia mengumumkan bahwa pasukan pemerintah Suriah telah menguasai semua wilayah Aleppo timur. Saat ini pemerintah tengah bekerja untuk melakukan ‘inisiatif praktis kemanusiaan’.

Menurut media CNN, pemerintah tengah merencanakan gencatan sejata dan tindak lanjut untuk proses evakuasi warga sipil. Penduduk Aleppo juga mendapat pesan teks dari pemimpin kelompok teroris untuk menyepakati genjatan senjata. Sementara media setempat juga menginformasikan bahwa saat ini tengah dilakukan proses evakuasi bagi warga sipil yang terkepung di daerah perang.

Dalam kesempatan misa di Lapangan Santo Petrus pada 11 Desember 2016, Paus Fransiskus menyebutkan hati dan doa-doanya tertuju kepada semua rakyat Aleppo. “Kita tidak boleh lupa bahwa Aleppo adalah kota dan bahwa di sana ada keluarga, anak-anak, orangtua, orang sakit. Sayangnya, kita telah menjadi terbiasa dengan perang dan kehancuran, tetapi kita tidak boleh lupa bahwa Suriah adalah negara yang penuh dengan sejarah, budaya dan beriman. Kita tidak bisa membiarkan negara ini dinegasi oleh perang, yang penuh dengan kekerasan dan kebrutalan,” ucapnya.

Saat dunia tengah bersukacita menyambut perayaan Natal yang penuh damai. Penduduk Aleppo malah dicengkeram oleh rasa takut dan perang yang tak kunjung usai. Jika Anda rindu Suriah dipenuhi dengan damai, mari bawakan negara ini dalam doa-doa Anda.

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami