Kuba Ampuni Ratusan Narapidana atas Permintaan Paus
Sumber: REUTERS/EFE/Alejandro Ernesto/Pool

Internasional / 17 November 2016

Kalangan Sendiri

Kuba Ampuni Ratusan Narapidana atas Permintaan Paus

daniel.tanamal Official Writer
2237

Permintaan khusus dari Paus Fransiskus kepada para pemimpin dunia agar menunjukkan belas kasih kepada para tahanan, didengar dan dilaksanakan oleh pemerintah Kuba yang langsung memberi amnesti atau mengampuni 787 narapidana, Selasa (15/11).

Pengampunan itu diberikan Dewan Negara Kuba yang dipimpin oleh Presiden Raul Castro untuk menghormati tahun Yubileum yang dideklarasikan oleh Paus. Kuba mengatakan pemberian pengampunan meliputi narapidana perempuan, pemuda dan tahanan yang sakit. "Kejahatan yang membuat mereka dihukum, tingkah laku mereka selama menjalani hukuman dan masa hukuman yang sudah dijalani menjadi bahan pertimbangan," katanya.

Para narapidana kasus pembunuhan berencana, pembunuhan, kejahatan terhadap anak-anak, pemerkosaan, peredaran narkoba dan kejahatan "sangat berbahaya" lainnya dikecualikan dalam pemberian pengampunan itu. September tahun lalu, Kuba membebaskan 3.522 narapidana menjelang kedatangan Paus menurut warta kantor berita AFP.

Paus Fransiskus sebelumnya menyeru para pemimpin dunia memperbaiki kondisi penjara untuk para tahanan dan mempertimbangkan pemberian amnesti bagi mereka. Paus Fransiskus mendeklarasikan tahun Yubileum pada Desember tahun lalu, sebuah waktu khusus untuk pengampunan dosa dan pengampunan universal.

 


Sumber : Antara
Halaman :
1

Ikuti Kami