Sebuah Gereja di AS Dibakar, Ada Coretan “Vote Trump”
Sumber: Mark Wilson/Getty Images

Internasional / 5 November 2016

Kalangan Sendiri

Sebuah Gereja di AS Dibakar, Ada Coretan “Vote Trump”

daniel.tanamal Official Writer
5185
Jelang Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat semakin memanas setelah sebuah gereja di Mississippi, Amerika Serikat dibakar dan dicoret dengan semprotan cat bertuliskan "Vote Trump (Pilih Donald Trump), Selasa, 1 November malam waktu setempat itu. Tidak ada korban dalam peristiwa yang dipastikan merupakan kesengajaan tersebut.

Saat ini para penyidik telah memastikan bahwa kebakaran di Hopewell Missionary Baptist Church, Gereja kulit hitam bersejarah tersebut merupakan aksi kesengajaan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pemadam Kebakaran Greenville, Ruben Brown Sr.

"Sampel-sampel dan bukti telah dikumpulkan dari dalam gereja dan sedang dianalisa untuk memastikan sumber pengapian atau yang mempercepat api," ujar Brown pada konferensi pers seperti dilansir Reuters, Kamis (3/11/2016).

Kepala Kepolisian Greenville, Delando Wilson menambahkan bahwa ada hubungan antara pembakaran ini dengan Pilpres AS. Dirinya menyebut bahwa coretan "Pilih Trump" tersebut bersifat mengintimidasi. "Kami sedang menyelidiki ini sebagai kejahatan kebencian. Itu mencoba memaksakan keyakinan Anda pada orang lain, dan ini gereja mayoritas kulit hitam dan tak seorang pun berhak mencoba mempengaruhi cara orang memilih dalam pemilihan ini," tandas Wilson.

Sepert diketahui, Trump merupakan calon presiden (capres) dari partai Republik, dan akan bertarung melawan capres partai Demokrat, Hillary Clinton dalam pemilihan presiden pada 8 November mendatang. Sementara itu, Gereja-gereja kulit hitam di AS bagian selatan telah sejak lama diketahui menjadi basis dukungan bagi partai Demokrat.


Selama gerakan hak-hak sipil AS pada tahun 1950-an dan 1960-an silam, gereja-gereja kulit hitam di AS bagian selatan kerap menjadi target aksi pembakaran dan pengeboman oleh para supremasi kulit putih. Salah satunya adalah kelompok Klu Klux Klan (KKK).


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami