Para Kardinal Tolak Pendirian McDonald’s di Vatikan, Ini Sebabnya

Para Kardinal Tolak Pendirian McDonald’s di Vatikan, Ini Sebabnya

daniel.tanamal Official Writer
4217

Permintaan salah satu waralaba rumah makan cepat saji terbesar dan terpopuler di dunia, McDonald’s untuk mendirikan sebuah gerainya di lingkungan Basilika St Petrus Vatikan, ditolak mentah-mentah oleh para Kardinal. Para rohaniawan ini melihat usulan tersebut tidak menghormati kesakralan tempat tersebut.

Dilaporkan oleh Independent, McDonald’s mengajukan tawaran sebesar 30 ribu euro atau Rp 444 juta per bulan sebagai izin sewa sebuah tempat di sebelah gedung Basilika St Petrus Roma untuk gerainya. Namun tawaran ini masih dalam tahap negoisasi antara kedua belah pihak. Pihak Vatikan sendiri diwakili oleh Patrimony of the Apostolic See (APSA), sebuah badan yang mengawasi aset Vatikan.

Tentangan dan kecaman segera datang, khususnya dari para Kardinal yang tinggal di apartemen di atas gedung yang akan disewa McDonald’s itu. Salah satu Kardinal yaitu Elio Sgreccia telah menulis surat keluhan kepada Paus Francis, terkait hal yang menurutnya kontroversial itu. Sgreccia menilai hal ini tidak menghormati tradisi arsitektur di Vatikan yang setiap hari dikunjungi ribuan peziarah dan wisatawan. "Ini adalah keputusan bisnis, yang mengabaikan tradisi kuliner romawi," ujarnya.

Seperti diketahui dibeberapa negara lain, untuk alasan tertentu, gerai McDonald’s samasekali tak dapat didirikan. Entah karena faktor ekonomis, budaya ataupun politik. Anda tak akan pernah menemukan McDonald’s di Suriah, Nepal, Korea Utara, Seychelles, Vietnam, Barbados, Zimbabwe, ataupun Kamboja.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami