5 Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Orang Jepang
Sumber: w-dog.net

Health / 18 October 2016

Kalangan Sendiri

5 Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

Lori Official Writer
4271

Jika Anda pengen hidup lebih lama dan berumur panjang, satu-satunya pilihan mungkin adalah memilih dilahirkan di Jepang. Kenapa? Karena negara ini diakui sebagai negara dengan tingkat kesehatan tertinggi di dunia. Sebuah studi menemukan bahwa sebanyak 73% penduduk Jepang hidup sehat tanpa mengalami sakit apapun. Mereka bahkan bisa hidup sampai di atas usia 80 tahun, usia hidup yang begitu langka bagi penduduk di negara-negara lain.

Salah satu rahasia hidup sehat orang Jepang terletak pada gaya hidup dan jenis makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Di antara sekian banyak makanan sehat orang Jepang, 5 makanan ini menjadi rahasia utama mereka tetap awet muda dan bugar.

1. Ikan

Ikan merupakan sumber dari omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung, otak, mata dan juga mencegah peradangan pada organ tubuh. Peradangan yang begitu rentan dialami tubuh bisa berubah menjadi penyakit seperti artritis, jantung serta Alzheimer. Untuk itu, ikan yang kaya akan zat selenium berguna sebagai anti oksidan, meningkatkan sistem imun, dan menjadi sumber vitamin B yang penting bagi kesehatan otak.

2. Miso dan Umami  

Miso dan Umami adalah sejenis makanan fermentasi dari kacang kedelai. Makanan organik ini kaya akan isoflavon yang dapat membantu mengatasi masalah menopause pada wanita. Selain itu, isoflavon ini juga berguna untuk mencegah timbulnya risiko kanker payudara dan endometrial pada wanita. Kedelai dalam Miso dan Umami juga mengandung vitamin K2 yang berguna untuk memelihara kesehatan tulang dan hati.

3. Matcha

Matcha adalah bubuk teh hijau tradisional yang diproses dari daun segar tanaman teh hijau. Teh hijau ini kaya akan zat flavanol atau catechin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh dan juga untuk mencegah Alzheimer, serangan jantung dan juga kanker.

Selain itu, matcha juga berguna untuk meredakan tingkat stress dan pikiran negatif. Saat menikmati minuman ini, pikiran akan terasa rileks dan tenang.

4. Rumput Laut

Rumput laut kaya akan mineral, termasuk yodium, zat besi, magnesium, kalsium, kalium dan puluhan mineral lainnya yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena itu, rumput laut dikategorikan sebagai salah satu makanan super. Bahkan kandungan zat yang terdapat dalam rumput laut jauh lebih tinggi dibanding dengan zat dalam sayuran yang kita makan sehari-hari.

5. Acar

Makanan fermentasi tradisional sayuran ini merupakan sumber terbaik dari zat protobiotik alami. Makanan yang didominasi oleh wortel dan mentimun ini baik bagi kesehatan pencernaan. Saat pencernaan sehat, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Tidak hanya bermanfaat untuk melawan infeksi, tetapi kandung cuka, garam dan pasteurisasi di dalam acar membantu mencegah kelemahan sistem kekebalan tubuh (auto–imun).

Tentu banyak jenis makanan Jepang lainnya yang sehat untuk dikonsumsi. Namun, sederhananya makanan-makanan di atas bisa menjadi pilihan pertama untuk Anda coba. 

Sumber : Daily Mail/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami