Mulai Akhir 2016, Guru Agama Kristen di Purwakarta Digaji Pemkab
Sumber: mediaindonesia.com

Nasional / 12 October 2016

Kalangan Sendiri

Mulai Akhir 2016, Guru Agama Kristen di Purwakarta Digaji Pemkab

Budhi Marpaung Official Writer
33527
Para guru agama Kristen di Purwakarta, Jawa Barat, kini bisa sedikit bernafas lega setelah Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, memastikan bahwa pihaknya akan memberikan gaji kepada para pendidik dari lima agama yang diakui negara, terhitung sejak 1 Desember 2016. Menurut Kang Dedi – demikian ia biasa disapa -, alokasi honorarium diambil dari pengalihan subsidi anggaran pembelanjaan SMA.

“Sekarang kan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah atas sudah diambil alih pemprov. Jadi, anggaran dari APBD untuk SMA ini yang kita alihkan ke program tersebut,” ujar Kang Dedi seperti dilansir inilahkoran.com, Senin (10/10/2016).

Untuk diketahui, Pemkab Purwakarta mengeluarkan sebuah program baru bagi sekolah-sekolah setempat yakni pengembangan kurikulum kultural berbasis agama. Pihak berotoritas telah menyiapkan anggaran yang cukup besar yakni sekira 10 miliar rupiah.

Nantinya, program baru Pemkab akan menjadi program tambahan sekolah. Kang Dedi menyatakan bahwa hal tersebut tidak akan mengganggu kurikulum pendidikan sekolah yang berjalan sekarang. Lebih lanjut, Kang Dedi menjelaskan akan dilakukan seleksi terhadap para calon guru agama yang bisa mengajar di sekolah-sekolah sebagai bentuk prosese standarisasi.

Ketua Badan Kerja Sama Gereka-gereja (BKSG) Kabupaten Purwakarta Pdt Efori Gulo dalam keterangan kepada wartawan mengatakan ada 400 siswa beragama Kristen di Purwakarta. Selama ini, anak-anak yang sebagian besar bersekolah mendapatkan pendidikan agama dari sepuluh guru yang merupakan relawan pelayanan.

Efori bahwa para guru tersebut hanya memperoleh uang ala kadar setiap Natal, sumbangan dari jemaat. "Mereka hanya dapat Rp 200.000 per tahun," ungkap Efori.

Menanggapi program baru Pemkab Purwakarta, ST B.Siallagan, Guru Rohani Kristen yang juga ketua yayasan HKBP Purwakarta menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi rencana pemda yang turut memfasilitasi kegiatan para guru rohani.

“Keterlibatan kami, diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan agama bagi anak-anak SD dan SMP tersebut,” tuturnya.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami