Fakta Mengejutkan dari Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Fakta Mengejutkan dari Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Lori Official Writer
2710

Sebuah studi menemukan fakta bahwa kebiasaan duduk terlalu lama ternyata menyumbang empat persen kematian di seluruh dunia. Studi yang dipublikasikan dalam America Journal of Preventive Medicine ini mengatakan bahwa duduk lebih dari tiga jam sehari dapat meningkatkan risiko kematian, terlepas dari kebiasaan olahraga yang mungkin dilakukan.

Menurut hasil studi, lebih dari 60% penduduk di seluruh dunia memiliki kebiasaan duduk lebih dari 3 jam sehari. Mayoritas diantaranya adalah orang dewasa yang menghabiskan waktu duduk hingga 4.7 jam/hari. Akibat kebiasaan ini, risiko kematian meningkat hingga sekitar 3.8 persen.

Di antara wilayah yang diteliti, para peneliti menemukan bahwa kebiasaan ini menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi di daerah bagian Pasifik Barat, negara-negara di Eropa, Mediterania Timur, Amerika dan Asia Tenggara. Kematian tertinggi ditemukan di Lebanon (11.6 %), Belanda (7.6 %) dan Denmark (6.9%). Sedang kematian terendah ada di Meksiko (0.6%), Myanmar (1.3%) dan Bhutan (1.6%).

Untuk mengurangi tingkat kematian akibat duduk, juru tulis studi Leandro Rezende dari Universitas Sao Paulo, Brazil menyarankan agar perilaku duduk terlalu lama sebaiknya dikurangi. Dia menganjurkan untuk duduk hanya sekitar dua jam per hari, dimana hal ini bisa menurunkan angka kematian hingga 2.3 %.

Jangan heran bila duduk etrlalu lama ternyata sama berbahayanya dengan merokok loh! Karena itu sangat penting untuk mengambil waktu beranjak sejenak dari kursi selama beberapa menit sekali setiap harinya. Sementara bagi Anda yang bekerja dengan tuntutan harus menetap di kursi sepanjang hari, Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan-jalan di sekitar skantor setiap dua jam sekali.

Ciptakanlah kebiasaan bergerak di sekitar Anda. Misalnya dengan meletakkan barang-barang yang dibutuhkan di tempat yang agak jauh atau sedikit sulit dijangkau. Bagaimanapun Anda akan didesak untuk beranjak dari kursi untuk sementara waktu.

Sumber : Boldsky.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami