10 Tips Memperkuat Hubungan dengan Anak-Anak Bagi Ayah Jarak Jauh (1)
Sumber: gma.yahoo.com

Parenting / 26 September 2016

Kalangan Sendiri

10 Tips Memperkuat Hubungan dengan Anak-Anak Bagi Ayah Jarak Jauh (1)

Budhi Marpaung Official Writer
2415

Seringkali karena tuntutan pekerjaan maka ada orang tua (ayah pada umumnya) yang terpaksa berpisah dalam kurun waktu yang cukup lama dengan anggota keluarga lain termasuk anak. Ini jelas bukanlah hal yang menyenangkan bagi kedua belah pihak. Momentum kebersamaan yang harusnya terjadi di akhir pekan atau setiap pagi sebelum berangkat ke kantor atau setiap malam setelah habis berdinas, untuk beberapa minggu bahkan bulan tidak ada dahulu.

Lalu, apakah harus menerima saja dengan kondisi seperti ini? Khususnya dengan anak, hubungan itu perlu tetap dijaga. Dalam bukunya “Be a Better Day Today”, Gregory W. Slayton memberikan sepuluh tips memperkuat hubungan dengan buah hati yang masih kecil bagi ayah yang kondisinya sedang berjarak jauh.

1. Tulislah surat kepada anak Anda yang masih kecil, berisi hal-hal menarik dan terutama yang ia sukai (misalnya, kertas yang menggunakan warna favoritnya).

2. Sebelum meninggalkan rumah untuk pergi jauh dalam waktu yang lama, buatlah permainan berburu harta karun untuk anak-anak Anda. Sembunyikan sebuah harta karun (permen kesukaan mereka, surat cinta, mainan baru, atau buku baru) di sekitar rumah. Kirimkan sebuah petunjuk setiap hari saat berada di tempat kerja Anda.

3. Kirimkan foto Anda yang ditempel di atas bantal atau selimut.

4. Buatlah beberapa stiker dengan foto Anda di dalamnya dan kirimkan kepada masing-masing anak Anda yang masih kecil untuk ditempel di buku catatan mereka, loker di sekolah, atau di mana saja.

5. Pesanlah sesuatu yang spesial (seperti balon, bunga atau pizza) untuk dikirimkan kepada anak Anda setelah ia mengikuti acara tertentu (misalnya, konser musik, pertunjukkan drama, atau pertandingan sepak bola). Pastikan diberi catatan betapa Anda sangat bangga dengan apa yang mereka lakukan. Jika tidak memungkinkan, minta bantuan istri, teman, atau kakak Anda untuk memasangkan poster khusus dari Anda di sekolah atau di rumah. Pokoknya lakukan segala hal yang menunjukkan bahwa Anda menyayangi mereka, walau berada jauh di sana.


Ingin mengetahui lima tips lainnya? Nantikan di artikel minggu depan!

Sumber : Be a Better Dad Today / Gregory W. Slayton
Halaman :
1

Ikuti Kami