Paus Fransiskus Minta Pendeta Luangkan Waktu Layani Orang Miskin

Internasional / 17 September 2016

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Minta Pendeta Luangkan Waktu Layani Orang Miskin

Lori Official Writer
3799

Paus Fransiskus kembali menyindir cara hidup pendeta yang suka bermalas-malasan dan menjauhkan diri dari kehidupan orang-orang miskin. Dia menyampaikan hal ini di alun-alun St Petrus, Roma pada Kamis, 15 September 2016 kemarin.

Paus berpendapat bahwa para pendeta tidak seharusnya hidup seperti laiknya seorang pangeran, karena Yesus tidak hidup seperti itu. “Yesus bukan seorang pangeran. Sungguh mengerikan sbagi gereja ketika pendeta hidup seperti pangeran, jauh dari orang-orang, jauh dari orang-orang miskin. Itu bukan semangat Yesus,” ucap Paus.

Paus menyampaikan pesan tentang pembelaan Yesus bagi orang-orang yang sakit secara fisik, orang-orang lemah dan berbeban berat dalam kitab Matius 11. Dia menekankan bahwa orang-orang Kristen dipanggil untuk menolong orang miskin. Yesus adalah pendeta yang berada di antara orang-orang miskin dan setiap hari berada di tengah-tengah mereka. Untuk itu, para pendeta harus meniru teladan Yesus, bukan hanya sekadar menyampaikan khotbah dan mendorong jemaat untuk menemukan kehendak Allah.

Itu sebabnya Yesus memanggil murid-murid-Nya untuk mengikuti Dia dan belajar dari-Nya. “Tuhan mengajarkan kita untuk tidak takut mengikuti Dia, karena kita tidak akan kecewa saat menempatkan harapan kita di dalam Dia. Oleh karena itu, kita dipanggil untuk belajar hidup dalam kemurahan yang merupakan alat dari belas kasihan,” terangnya.

Sumber : Christiantoday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami