Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2657


Berendam di air hangat tentu saja menjadi momen yang paling menyenangkan karena sangat bermanfaat untuk menghilangkan stress dan juga meremajakan kulit. Lalu bagaimana dengan mandi air hangat? Mandi air hangat adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati momen bersantai setelah melewati hari yang begitu panjang. Bukan hanya membuat tubuh merasa rileks kembali, mandi air hangat juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. 

Sebuah studi membuktikan bahwa air hangat bisa membakar kalori, menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dan detoksifikasi. 

1. Air hangat membakar kalori tubuh

Jadi, nikmatilah berendam di air hangat jika ingin membakar sejumlah kalori dalam tubuh Anda. Manfaat ini disampaikan oleh peneliti Steve Faulkner lewat hasil penelitian yang dilakukan kepada para relawan yang berendam di dalam bak air hangat selama satu jam hingga suhu tubuh menjadi 104 derajat Fahrenheit. Hasilnya sungguh mengejutkan, sekitar 140 kalori tubuh terbakar. 

2. Air hangat mampu menyeimbangkan gula darah 

Penelitian menemukan bahwa kadar gula dalam darah menurun saat mandi di air hangat. Para peneliti menduga hal ini terjadi karena Heat Shock Protein (Hsp) yang dikeluarkan tubuh selama terpapar suhu tinggi. Masalah stress, peradangan dan shock bisa memicu pelepasan Hsp sehingga glukosa terangkat ke jaringan otot. Akibatnya, kadar glukosa dalam darah secara keseluruhan turun.

3. Air hangat mampu mencegah diabetes

Hsp atau dikenal juga dengan HSP72 yang bekerja saat mandi air hangat ternyata bermanfaat besar dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan itulah risiko diabetes bisa menurun. Mandi dengan air hangat biasa atau dengan sauna dapat membantu Anda mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. 

4. Air hangat bermanfaat sebagai detoksifikasi

Mandi air hangat akan membuat Anda berkeringat. Berkeringat merupakan mekanisme detoksifikasi alami dimana tubuh melepaskan racun melalui permukaan kulit. Zat-zat beracun yang dikeluarkan seperti merkuri, timbal dan arsen. Nah, mandi air hangat bisa menjadi alternatif detoksifikasi jika Anda benar-benar tidak memiliki waktu berolahraga.

Namun sebelum mencoba hal ini, perhatikan terlebih dahulu bahwa terlalu lama terpapar suhu tinggi dapat mengakibatkan dehidrasi. Untuk itu, minumlah air sebelum dan sesudah mandi untuk memastikan bahwa cairan dalam tubuh tetap mencukupi. Risiko lain terlalu lama berendam di dalam air hangat adalah serangan sakit kepala. Untuk mencegah hal ini, kompres bagian dahi dengan air dingin setelah berendam. 

Sumber : Lifehack.org


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7264

advertise with us