Bait Allah yang Pernah Dijejaki Yesus Akhirnya Direstorasi
Sumber: www.studentnewsdaily.com

Internasional / 10 September 2016

Kalangan Sendiri

Bait Allah yang Pernah Dijejaki Yesus Akhirnya Direstorasi

Lori Official Writer
6829

Lantai Bait Allah di Yerusalem, tempat yang diyakini pernah dijejaki Yesus mulai direstorasi kembali ke bentuk aslinya. Restorasi bait yang kini difungsikan sebagai Bait Suci Kaum Yahudi dan Rumah Ibadah umat Muslim itu tengah direstorasi arkeolog Israel.

Arkeolog Gabriel Barkay yang sudah melakukan penggalian selama lebih dari 50 tahun mengaku takjub dengan proses restorasi ini. “Saya tersentuh saat menyadari bahwa ini adalah lantai yang sebenarnya dimana nenek moyang kita berjalan dan dikorbankan seperti saat mereka berada di atas Bait Allah 2000 tahun lalu,”ucap Barkay.

Rekonstruksi lantai Bait Allah ini sebenarnya merupakan bagian dari proyek restorasi yang sudah dimulai sejak tahun 2005. Selama lebih dari satu dekade, relawan dan pekerja dari Israel dan dari seluruh dunia melakukan penelitian dan membuat penemuan bersejarah tentang Baik Allah.

Pada bagian ubin, para arkeolog berhasil membuat pola hiasan ubin dengan menggunakan prinsip geomteris, sama seperti desain atap yang digunakan Herodes di situs lainnya. Sementara jenis lantainya yang disebut ‘opus sectile’ (Latin) sangat mahal dan dianggap jauh lebih bergengsi daripada lantai keramik mosaik.

Sejauh ini, mereka sudah merestorasi tujuh desain potensial dari bangunan Bait Allah. Sekitar 600 segmen ubin berwarna lantai batu ditemukan, dan lebih dari 200 diantaranya identik dengan desain bangunan di masa Herodes.

Penemuan bersejarah ini akhirnya menarik minat sekitar 200 ribu orang untuk ikut berpartisipasi mengerjakan proyek tersebut.

Sumber : Cbn
Halaman :
1

Ikuti Kami