7 Langkah Untuk Membangun Hidup Bahagia Tanpa Harus Habiskan Uang
Sumber: www.lifehack.org

Finance / 8 September 2016

Kalangan Sendiri

7 Langkah Untuk Membangun Hidup Bahagia Tanpa Harus Habiskan Uang

Puji Astuti Official Writer
8400

Tahukah Anda bahwa untuk bisa menikmati kebahagian dalam hidup tidak berarti Anda harus punya banyak uang. Bahkan kebahagiaan tidak bisa diukur oleh jumlah uang di bank ataupun kekayaan seseorang. Namun kebahagiaan ditentukan oleh bagaimana sehatnya tubuh, jiwa dan roh Anda. 

Menghabiskan waktu untuk bekerja dan terobsesi dengan karir akan membuat seseorang tidak bahagia. Sebaliknya, seseorang yang bisa menentukan apa yang berarti untuk hidupnya dan fokus untuk membangun hubungan, berdasarkan survei bisa membuat kualitas kehidupan dan kebahagian orang itu bertambah. Lalu bagaimana membangun hidup berkualitas dan bahagia tanpa harus menghabiskan uang banyak? Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1# Buat definisi kehidupan berkualitas dan bahagia secara spesifik

Anda tidak bisa mencapai sesuatu jika Anda tidak bisa melihatnya secara jelas, itulah sebuah visi. Untuk itu jika Anda ingin kehidupan yang bahagia dan kualitas hidup yang lebih baik, buat definisinya secara spesifik menurut Anda sendiri, deskripsikan dengan jelas. Tentukan apa yang membuat Anda bahagia dan yang menurut Anda bernilai dalam kehidupan yang Anda impikan itu. Bahkan disarankan untuk berdoa dan bertanya pada Tuhan, kehidupan seperti apa yang Tuhan harapkan untuk Anda jalani. Percayalah bahwa Tuhan akan membimbing Anda untuk mencapai kehidupan impian Anda itu. 

2# Tuliskan visi dan target Anda tersebut

Proses mendeskripsikan dan menuliskan visi dan target Anda akan membantu Anda untuk mencapainya. Anda juga bisa menuliskan langkah-langkah yang harus dilakukan dan deadline kapan harus dimulai dan diselesaikan. 

3# Gunakan waktu dengan bijaksana

Aturlah waktu untuk mengerjakan apa yang benar-benar bernilai dan berharga seperti yang telah Anda tetapkan dan tuliskan. Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk membangun hubungan dengan Tuhan dan keluarga. Singkirkan kegiatan yang membuang waktu. Jadikan hal ini menjadi kebiasaan dan gaya hidup Anda. 

4# Kurangilah barang-barang yang Anda miliki

Memiliki banyak barang tidak akan membuat Anda lebih bahagia, sebaliknya akan semakin membuat Anda stres. Sederhanakan hidup Anda, lakukan garage sale untuk barang-barang yang tidak terpakai, atau bahkan sumbangkan pada orang-orang yang membutuhkan. Akan ada kebahagiaan tersendiri saat Anda bisa memberi dari apa yang Anda miliki. 

5# Belajar hidup dibawah penghasilan Anda

Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri memang. Seringkali saat penghasilan bertambah, maka pengeluaran bertambah. Bahkan seringkali seseorang menjadi besar pasak dari pada tiang atau pengeluaran lebih besar dari pemasukan karena tidak bisa mengendalikan keinginan. 

Kunci untuk bisa hidup dibawah penghasilan kita adalah belajar berkata cukup. Ibrani 13:5 mengajarkan hal ini : 

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

Bagaimana kita bisa belajar berkata cukup? Dengan mengingat bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita dan Dia tahu apa yang kita butuhkan. Jangan kita membandingkan diri dengan orang lain, namun mulailah bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan dalam hidup kita. 

Buatlah anggaran, bayarlah apa yang menjadi kewajiban Anda, latih diri untuk menabung dan maksimalkan apa yang Anda miliki. 

6# Berbagilah dengan orang lain

Dalam Kisah Para Rasul 20:35 dituliskan bahwa Yesus pernah berkata bahwa : Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima. Jadi jika kita ingin lebih berbahagia dari orang lain, maka berbagilah. 

Memberi bukan hanya soal uang, tetapi Anda bisa memberi waktu Anda, memberi saran dan nasihat, memberikan makanan dan minuman bersama rekan dan sahabat, dan hal-hal kecil lainnya. Jadilah pribadi yang murah hati, hal ini akan membuat Anda lebih sehat secara jasmani maupun rohani. 

7# Berolahraga

Untuk bisa memiliki kebahagiaan yang seutuhnya, maka kesehatan adalah hal yang penting. Jadi menjaga tubuh agar tetap sehat harus menjadi salah satu prioritas Anda. Lakukan olahraga teratur, tidah harus pergi ke tempat kebugaran yang menghabiskan uang jutaan rupiah untuk keanggotaan per tahunnya, namun bisa lakukan hal-hal yang sederhana dan mudah seperti jogging atau jalan cepat. Ada berbagai olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri atau pun bergabung dalam komunitas yang saat ini sudah menjamur. 

Melakukan 7 hal di atas tentunya tidak langsung jadi dalam semalam, hal ini butuh proses. Namun jangan berhenti jika Anda gagal dalam melakukan beberapa hal. Teruslah mencoba! Jadilah kreatif dalam menyiasatinya. Ingatlah bahwa kebahagiaan Anda ada di tangan Anda sendiri. Jangan biarkan faktor di luar diri Anda mengendalikan kebahagiaan Anda. Ijinkan Tuhan yang menjadi penguasa hidup Anda, dan bangunlah kehidupan yang bahagia bersama Dia yang sudah menyiapkan masa depan yang penuh harapan untuk Anda. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami