Jemaat Gereja Minta Calon Ephorus HKBP Tidak Lakukan Ini
Sumber: www.iconshut.com

Nasional / 5 September 2016

Kalangan Sendiri

Jemaat Gereja Minta Calon Ephorus HKBP Tidak Lakukan Ini

Lori Official Writer
3952

Perhelatan pemilihan pemimpin gereja atau Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) akan berlangsung pada 12-18 September 2016 mendatang. Empat nama calon sudah dikantongi oleh panitia acara untuk memperebutkan gelar Ephorus Periode 2016-2020 di Sinode Godang HKBP.

Para calon ephorus masih memiliki waktu sepekan lagi untuk mempersiapkan diri. Namun bukan berarti mereka harus lupa prioritas dan abai dengan jemaat gereja yang dimpimpinnya karena sibuk berkampanye. Demikian disampaikan Ketua Forum Keprihatinan Warga (FKW) HKBP, Jumongkas Hutagaol.

“Periodesisasi di HKBP dari Ephorus pertama sampai JR Hutauruk taka da kampanye. Tak ada dukung-mendukung. Sekarang ini, dan yang sangat menyedihkan, calon Ephorus seperti melakukan kampanye. Ada nuansa black campaign dan hembusan money politics,” ucap Jumongkas, seperti dikutip Beritasatu.com, Minggu (4/9).

Dia menilai pemilihan ephorus saat ini dianggap berlebihan karena para calon berlomba untuk menarik pendukung melalui media dan juga manuver. “Seharusnya, mereka itu lebih mengutamakan pelayanan, dan bukan memajangkan dan menyebarkan poto dimana-mana," katanya.

Menurutnya, pemilihan Ephorus dan sekjen HKBP merupakan momen sakral yang harus dilakukan dengan prosesi yang digelar di gereja. Sehingga seluruh jemaat HKBP diminta berdoa agar pemilihan berjalan lancar, sesuai petunjuk Tuhan.

Dengan geliat politik yang dimainkan para calon Ephorus, tokoh Sinode Rekonsiliasi HKBP 1998 ini khawatir jika pemilihan nanti tidak sesuai dengan harapan jemaat HKBP. Karena masing-masing calon hanya mementingkan kepentingan pribadi di atas kepentingan jemaat.

Seperti diketahui, perhelatan besar ini akan digelar di Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara. Salah satu agenda terpenting adalah pemilihan puncak Ephorus dan Sekretaris Jenderal HKBP dan penetapan 30 Pimpinan Distrik (Praeses). Selanjutnya pemilihan tiga Kepala Departemen yaitu kepala Departemen Diakonia, Departemen Marturia dan Departemen Koinonia.

Sumber : Beritasimalungun.com/Beritasatu.com
Halaman :
1

Ikuti Kami