Main Pokemon Go di Gereja, Pemuda Ini Terancam di Penjara!
Sumber: Istimewa

Internasional / 5 September 2016

Kalangan Sendiri

Main Pokemon Go di Gereja, Pemuda Ini Terancam di Penjara!

daniel.tanamal Official Writer
2591


Setiap gereja didunia pastinya punya satu kesamaan, yaitu Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Namun untuk urusan peraturan, setiap gereja punya otoritas masing-masing. Seperti yang terjadi di Rusia, dimana sebuah gereja melaporkan ke kepolisian, seorang pemuda yang bermain Pokemon Go didalam gereja, dengan tuduhan menghina agama.

Pemuda bernama Ruslan Sokolovsky itu bermain Pokemon Go di sebuah gereja ortodoks di kota Yekaterinburg. Setelahnya, Sokolovsky merekam aktivitas yang saat ini tengah menjamur didunia itu, lalu mempublikasikan video ke media sosial. Sialnya, aktivitas itu diketahui oleh otoritas gereja dan investigator. Blogger berusia 21 tahun itupun terkena dakwaan "penghinaan terhadap keyakinan agama."

Untuk dakwaan ini sendiri, pihak gereja dan investigator punya alasan kuat tersendiri untuk menyeret Sokolovsky ke penjara. Dirinya ditangkap karena aksi merekam aktivitasnya di gereja yang sama sekali tidak berkaitan dengan keagamaan. Dijelaskan pula bahwa penahanan dilakukan bukan karena dirinya bermain Pokemon Go di ponsel.

Kaget dan tidak terima atas fakta hidup yang sungguh lucu ini, Sokolovsky segera mengajukan banding atas kasusnya tersebut. "Ini sangat tidak masuk akal. Siapa yang akan tersinggung jika Anda hanya berjalan-jalan di dalam gereja membawa ponsel pintar?" kata Sokolovsky, yang kini ditahan di penjara sambil menunggu sidang, dirilis The Moscow Times.

Ternyata peraturan ketat tersebut telah dipublikasikan oleh salah satu stasiun televisi Rusia pada Juli lalu, dimana mereka telah mengingatkan para gamer Pokemon Go untuk tidak memainkan game besutan Niantic itu di dalam gereja. Jika melanggar, hukumannya mencapai tiga tahun penjara. Agaknya Gereja-gereja Rusia memang menjadi yang paling keras dan ketat dalam hal-hal yang berkaitan dengan peribadahan.

Mungkin diluar Negeri Beruang Merah itu, Pokemon Go merupakan aktivitas yang biasa saja, bahkan di Inggris dan Amerika Serikat ada gereja yang memanfaatkannya untuk menarik jemaat kembali gereja. Tapi jangan coba-coba memainkannya di Rusia jika tidak ingin terjerat seperti Sokolovsky. Gereja di Indonesia sendiri? Hmmm.. silahkan cari tahu sendiri ya..


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami