Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
25367


Tahukah Anda bahwa masalah keuangan tidak bisa dianggap remeh? Berdasarkan data dari Kementerian Agama tahun 2014, satu dari sepuluh pernikahan bercerai karena masalah ekonomi. Bahkan secara spesifik, Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (MA) mengungkap bahwa ada 67.891 perceraian karena masalah ekonomi, yaitu 24% dari total perceraian yang terjadi di seluruh Indonesia. 

Tekanan karena masalah ekonomi atau keuangan sangat berat, bukan hanya bagi mereka yang sudah berumah tangga, bahkan bagi para lajang pun jika tidak berhati-hati bisa berbahaya. Bisa dikatakan hampir semua orang pernah mengalami masalah keuangan, bahkan tidak sedikit yang tergoncang iman dan jiwanya, hubungan dengan keluarga dan sesama serta kesehatan bisa terganggu. 

Lalu bagaimana cara mengatasi tekanan masalah keuangan, terlebih hutang-piutang yang membelit?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari akar permasalahan keuangan Anda. Cobalah periksa kehidupan Anda melalui beberapa pertanyaan ini?

- Jika Anda kehilangan pekerjaan Anda apakah Anda punya dana darurat?

- Apakah pengeluaran Anda terlalu besar dari penghasilan Anda setiap bulannya?

- Apakah kebutuhan dasar Anda dan keluarga bisa terpenuhi dengan penghasilan Anda?

- Apakah Anda terjerat oleh hutang karena masalah kesehatan?

- Dimana pengeluaran terbesar Anda setiap bulannya?

Saat Anda sudah bisa membuat daftar fakta kondisi keuangan Anda, dan menemukan apa yang menjadi sumber masalahnya, satu hal yang perlu Anda ingat adalah Tuhan lebih besar dari segala masalah keuangan Anda itu. Tuhan ingin Anda bisa menikmati kehidupan yang terbaik, termasuk dalam masalah keuangan. Tuhan ingin hidup Anda berkecukupan, tidak berkekurangan. 

Namun agar janji Tuhan itu terwujud dalam hidup Anda, ada perbaikan-perbaikan yang harus Anda lakukan agar berkat Tuhan mengalir dalam hidup Anda. Ini adalah bagian yang harus Anda lakukan, sebelum Anda menuntut bagian yang Tuhan lakukan. 

Pertama jaga sikap Anda agar tetap benar

Jika Anda berharap Tuhan untuk campur tangan atas hidup Anda, jangan menggerutu, mengeluh atau malah menyalahkan situasi dan kondisi atau bahkan orang lain atas masalah yang terjadi. Ketika Anda membicarakan masalah Anda, perkatakan hal positif. Perkataan negatif hanya akan menghancurkan iman Anda. Selain itu, ingatlah bahwa apa yang keluar dari mulut mengalir dari hati, jangan biarkan negatifitas menguasai hati dan pikiran Anda. 

Kedua ambil tindakan tegas

Jika masalah ekonomi terjadi karena kebiasaan buruk, maka hal itu harus diubah. Ibrani 13:5 berkata:

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

Berkata cukup kepada diri sendiri bukanlah hal yang mudah, namun kita harus dengan tegas berkata 'TIDAK!' kepada keinginan daging. 

Setelah menekan pengeluaran, selanjutnya adalah mencari tambahan penghasilan.  Tapi ingat, sekalipun penghasilan Anda bertambah tetapi pengeluaran tidak boleh naik. Jadi penghasilan tambahan itu bisa digunakan untuk membayar hutang dan juga ditabung untuk dana cadangan. 

Ketiga SABAR

Mengatasi masalah yang sudah ruwet tidak bisa selesai dalam satu malam. Butuh kedisiplinan dalam hidup sederhana, berhemat, menabung, membayar hutang dan investasi. Jadi jangan cepat patah semangat, percayalah bahwa Tuhan memberikan kekuatan untuk melewati semua proses tersebut. Anda tidak sendirian melaluinya, Tuhan selalu bersama Anda. 

Keempat tetap berdoa

Dengan menjaga kehidupan doa Anda, maka Anda terus terhubungan dengan Tuhan. Dia selalu siap mendengar segala curahan hati Anda. Dia selalu ada untuk memberikan penghiburan dan kekuatan baru. Jadi, jagalah waktu-waktu bersama Tuhan tersebut. 

Pada akhirnya, ingatlah bahwa masalah itu pasti berlalu dan Tuhan sudah menyediakan jalan keluar bagi Anda. Dia sanggup membuka jalan saat tidak ada lagi jalan. Dialah sumber pengharapan kita. Jangan pernah melepaskan tangan Tuhan sesulit apapun situasi yang Anda hadapi. 


Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Evi 26 January 2020 - 06:57:18

Saya minta doa, akan operasi benjolan tiroid mingg.. more..

0 Answer

Sandry Muskitta 23 January 2020 - 23:19:37

Baru sama sekali

0 Answer

Sandry Muskitta 23 January 2020 - 23:17:44

Baru sama sekali

0 Answer


[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

Banner mitra januari 4


7268

Banner solusi talks