Kekasih Anda Pecandu Berat? 4 Hal Ini Patut Anda Lakukan
Sumber: www.rehabcenter.net

Single / 23 August 2016

Kalangan Sendiri

Kekasih Anda Pecandu Berat? 4 Hal Ini Patut Anda Lakukan

Lori Official Writer
3892

Memilih menjalin hubungan dengan seseorang memerlukan berbagai pertimbangan. Karakter dan kebiasaan hidup adalah dua faktor penentu saat akan menjalaninya. Karena firman Tuhan berkata bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Lalu bagaimana jika Anda ternyata baru mengenal kekasih Anda lebih dalam setelah kalian sudah berpacaran? Anda mulai shock setelah mengetahui dia ternyata seorang pecandu dan hidup dengan kebiasaan buruk. Waspadalah karena Anda sedang dalam masalah besar!

Kebiasaan buruk ini bisa meliputi kecanduan alkohol atau rokok, pecandu narkoba dan sebagainya. Kecanduan adalah salah satu penyakit yang paling rentan terjadi kepada anak-anak muda di atas 18 tahun. Dan Anda tahu atau baru saja tahu bahwa pria/wanita yang Anda cintai ada diantaranya. Lalu apa yang harus dilakukan jika ternyata Anda sudah terlanjur berpacaran dan menjalani hubungan dalam waktu yang sudah cukup lama dengannya?

Pikirkan keselamatan Anda

Menjalin hubungan dengan seorang pecandu bisa menjadi sangat berisiko bagi Anda. Karena kecanduannya bisa saja menimbulkan dampak buruk seperti terjadinya penyimpangan perilaku dengan mulai menjadi kasar dan temperamen yang tidak normal. Jika Anda merasa terancam, jangan mencoba melaporkannya kepada polisi. Jauh lebih baik jika Anda menjauh darinya.

Atur keuangan Anda dengan aman

Kecanduannya terhadap alkohol atau narkoba bisa membuatnya kehabisan banyak uang. Dia mungkin juga akan berisiko kehilangan pekerjaan. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengamankan keuangan Anda. Tetap rahasiakan besar uang yang Anda miliki dari dia. Jangan sampai dia memaksa untuk mengambil semua uang Anda.

Berbicaralah dengan dia; cari pertolongan

Aturlah pembicaraan dengan pasangan Anda tentang kecanduan yang dia alami ketika dia sudah dalam kondisi sadar. Katakan pendangan Anda bahwa kebiasaan itu sangat tidak baik bagi kehidupannya dan juga bagi hubungan yang sedang kalian jalani. Bagaimanapun, kecanduannya adalah sesuatu yang harus Anda perjelas dan selesaikan. Jika perlu, ajak dia untuk mau menjalani rehabilitasi di lembaga pemulihan kecanduan. Banyak sekali pengobatan yang bisa menyelamatkannya. Mintalah dukungan dari teman-teman dan keluarganya.

Persiapakan waktu Anda untuk berbicara

Membicarakan hal yang begitu serius dan sensitif dengan orang yang Anda kasihi memang sangat tidak mengenakkan. Namun, saat Anda tahu bahwa ada sesuatu yang salah yang harus dibereskan, maka beranilah untuk melakukan hal itu. Merasa gugup saat harus mengucapkan kata-kata adalah hal yang wajar. Semakin Anda cepat menuntaskan masalah kecanduan yang dihadapinya, semakin cepat pula Anda menyelamatkan hubungan yang sedang kalian jalani. Jika dia memutuskan untuk tetap menikmati kebiasaan buruk itu, itu artinya Anda harus mengambil keputusan bahkan jika harus mengakhiri hubungan. Jangan sampai masa depan Anda dikorbankan hanya demi pribadi yang justru tidak menghargai hidupnya sendiri dan juga orang yang dia cintai. 

Sumber : Femina.in/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami