Pengungsi Kristen Nigeria Kembali ke Kampung Halaman

Internasional / 18 August 2016

Kalangan Sendiri

Pengungsi Kristen Nigeria Kembali ke Kampung Halaman

daniel.tanamal Official Writer
2470

Setelah sekian lama menjadi pengungsi akibat diburu oleh gerombolan teroris sempalan ISIS Boko Haram, umat Kristen Nigeria akhirnya berbondong-bondong kembali ke kampung halaman. Keyakinan kuat mereka untuk kembali dijamin oleh pemerintah yang memang telah membebaskan wilayah mereka dari para teroris.

World Watch Monitor (WWM) adalah salah satu kelompok kemanusiaan yang menjadi saksi hidup bagaimana ratusan ribu orang mulai perlahan-lahan kembali ke daerah asal mereka. "Setiap mobil selalu dipenuhi oleh pengungsi ini yang ingin melakukan perjalanan panjang menuju kampung halaman mereka. Pemerintah telah memenangkan kembali wilayah-wilayah warga dari Boko Haram dan mendorong para pengungsi untuk kembali ke rumah. Kami mengunjungi beberapa keluarga Kristen di Adamawa," ujar salah seorang sumber dari WWM, seperti dikutip ChristianHeadline, Rabu (17/08/2016).

Kembalinya para pengungsi ke kampong halaman mereka itu bukan tanpa halangan dan rintangan. Sekembalinya mereka di tempat asal, banyak hal yang harus diperbaiki, termasuk infrastruktur, rusaknya perkebunan dan tercemarnya air. Belum lagi faktor psikologis, dimana banyak mereka yang emosional karena kembali dengan kondisi kehilangan anggota keluarga mereka yang terbunuh dalam serbuan-serbuan sporadic para gerombolan teroris itu.

"Mereka kembali hanya untuk melihat kampong halaman mereka menjadi kota hantu. Boko Haram menghancurkan seluruh fasilitas masyarakat. Rumah, sekolah, pusat kesehatan dan gereja pun ikut hancur. Mereka juga secara sistematis menghancurkan pompa-pompa air dan membuat sumur-sumur tercemar karena mereka menjadikannya tempat pembuangan mayat," tambah sumber itu.

Diperkirakan sekitar dua juta orang mengungsi akibat ulah Boko Haram. Jumlah pengungsi tersebut didominasi oleh umat Kristen yang memang ditargetkan secara khusus untuk dimusnahkan oleh gerombolan teroris yang mengklaim sebagai ISIS di Nigeria. Pemerintah Nigeria saat ini terus berupaya untuk membuat situasi menjadi kondusif.


Sumber : ChristianHeadline
Halaman :
1

Ikuti Kami