Yosi Mokalu Pakai Musik Kreatif Sampaikan Edukasi dan Pesan Positif

Entertainment / 18 August 2016

Kalangan Sendiri

Yosi Mokalu Pakai Musik Kreatif Sampaikan Edukasi dan Pesan Positif

Lori Official Writer
4035

Musik bisa menjadi media yang digunakan untuk menyampaikan pesan positif dan mendidik. Selain menghibur, musik juga bisa dipakai untuk menggelitik pendengar lewat pesan yang disampaikan dalam lirik. Menghibur dan menggelitik, itulah ciri khas musik yang digarap seorang Yosi Molaku bersama dengan Project Pop dan juga para kreatif muda di Cameo Project.

Bersama Cameo Project, Yosi sudah menggarap beberapa video lagu yang uniknya mengangkat soal isu tertentu. Sebut saja seperti lagu berjudul Generasi Tanpa Hati (2015) yang dibuat untuk menyampaikan pesan sekaligus sindiran tentang tindakan main hakim sendiri yang kerap terjadi di masyarakat. Ada pula Bajak Lagu Ini (2016) yang dibuat untuk mengingatkan bahwa pembajakan adalah tindakan yang merugikan pelaku industri musik.

“Apa yang bisa kita lakukan kalau dari Cameo Project ataupun dari Project Pop adalah melalui media lagu. Kalau di Cameo malah lagu dan video. Nah, yang bisa saya lakukan yaitu, saya bisa menciptakan lagu-lagu yang values-nya bener. Menyindir tapi bener gitu loh! Kayak misalnya Bajak Lagu ini, itu menyindir orang kalau emang nggak bisa dibilangin, ya, silahkan aja.Bajak aja gitu loh!” terang Yosi saat ditemui pada acara Imago Creative Conference di Nafiri Convention Hall, Jakarta Barat pada Jumat (12/8).

Yosi menjelaskan, lagu yang menghibur dan mengandung sindiran tetap bertujuan untuk menyampaikan pesan yang positif. Sehingga pendengar pasti tidak akan merasa tersinggung karena konten lagu dibuat dengan cita rasa yang menghibur. “Kita harus cari akal. Punya hal-hal yang pesannya tetap positif di balik lagu-lagu itu,” lanjut Yosi.

Selain dua lagu di atas, Yosi bersama rekan-rekannya di Cameo Project juga pernah menggarap lagu berbau nasionalisme seperti ‘Kami Indonesia’ dan ‘Sumpah yang Dilupakan’. Dua lagu ini digarap untuk menyampaikan pesan positif tentang identitas dan eksistensi sejarah bangsa.

Bagi Yosi menyampaikan pesan positif dan menginspirasi kepada banyak orang bisa dilakukan mulai dari hal yang sederhana dan dengan cara yang tepat yaitu melalui media musik. Dengan cara ini, banyak orang yang diharapkan bisa menangkap pesan positif di balik lagu dan memperoleh edukasi soal isu tertentu yang dibeberkan lewat lagu. 

Sumber : jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami