6 Alasan Anda Harus Minum Air Hangat Setiap Pagi

6 Alasan Anda Harus Minum Air Hangat Setiap Pagi

Lori Official Writer
3734

Sebagian besar dari kita terbiasa memulai hari dengan secangkir teh atau kopi untuk menghangatkan tubuh sehabis bangun tidur. Kita juga lebih memilih minum air dingin dibanding air hangat. Sayangnya, kebiasaan ini justru keliru. Minum air hangat secara teratur di pagi hari justru lebih baik bagi kesehatan. Selain memberikan penyembuhan bagi tubuh, air hangat juga mampu melancarkan pencernaan dan mengurangi limbah metabolik dalam sistem kekebalan tubuh kita.

“Dokter menganjurkan minum air hangat di pagi hari, biasanya, dengan campuran perasan air lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh. Hal ini terbukti menurunkan efek radikal bebas dalam tubuh,” ucap Stella Metsovas, seorang ahli gizi dari media klinis kesehatan di Food and Nutrition Sciences.

Mungkin Anda adalah salah satu penggemar air dingin dan sulit sekali minum air hangat di pagi hari. Namun sebelum mengabaikan hal ini, Anda perlu mengetahui manfaat besar kesehatan yang disumbangkan dengan minum air hangat setiap pagi.

1. Membersihkan pencernaan  

Secangkir air hangat di pagi hari membantu membersihkan tubuh dari segala macam racun. Air hangat dan cairan lain di dalam tubuh membantu memecah makanan lebih cepat di dalam lambung sehingga pencernaan lebih mudah untuk mencernanya.

Sementara ketika Anda meminum air dingin sesaat atau setelah makan, air hanya akan mengeraskan kandungan minyak dalam makanan sehingga lemak tertimbun di dalam usus.

2. Mencegah sembelit

Meminum segelas air hangat di pagi hari saat perut dalam keadaan kosong dapat mencegah gejala sembelit sehingga pencernaan lancar. Air hangat juga berperan sebagai stimulasi untuk mengembalikan kondisi tubuh ke fungsi normalnya.

3. Meredakan rasa sakit

Air hangat juga berperan sebagai obat rumahan yang sangat mujarab untuk meringankan rasa sakit, baik pusing maupun gejala PMS. Rasa hangat memberi efek menenangkan pada perut dan membantu mengurangi kram dengan meningkatkan aliran darah ke kulit dan mengendurkan otot-otot yang kejang.

4. Menurunkan kelebihan berat badan

Air hangat sangat baik untuk meningkatkan suhu dan metabolisme tubuh. Saat metabolisme tubuh meningkat, kalori dalam tubuh akan lebih banyak terbakar. Selain itu, air hangat juga bisa membantu saluran pencernaan dan ginjal berfungsi lebih baik.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Meminum segelas air hangat ternyata sangat ampuh membakar lemak dalam tubuh dan membuka saluran sistem saraf. Saat hal ini terjadi, segala racun yang menumpuk di berbagai bagian tubuh akan dikeluarkan. Pastikan otot dalam keadaan rileks sehingga proses perbaikan sirkulasi darah berjalan dengan baik.

6. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini adalah mimpi buruk bagi para wanita. Untungnya, hal ini dapat dicegah dengan minum air hangat. Air hangat bermanfaat membersihkan beragam racun-racun tubuh penyebab penuaan dini. Selain itu, air hangat juga bermanfaat memperbaiki sel-sel kulit mati dan meningkatkan elastisitas kulit.

Jika Anda ingin mengalami manfaat besar kesehatan di atas, sudah waktunya mulai membiasakan meminum air hangat setiap pagi hari. Anda juga bisa mencampurkannya dengan perasan air lemon. Tapi ingat, minumlah air hangat bukan air panas.

Sumber : Medicaldaily.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami