Rayakan HUT RI Sembari Singgahi Rumah Pengasingan Soekarno di Sini
Sumber: khatulistiwa.co.id

Entertainment / 15 August 2016

Kalangan Sendiri

Rayakan HUT RI Sembari Singgahi Rumah Pengasingan Soekarno di Sini

Lori Official Writer
3306

Hari Ulang Tahun (HUT) RI sudah di depan mata, tepatnya 17 Agustus lusa kita akan merayakan bertambahnya usia kemerdekaan bangsa kita tercinta. Untuk menciptakan perayaan kemerdekaan yang lebih berkesan, kamu bisa mengunjungi sejumlah monumen nasional atau tempat bersejarah nasional yang ada di daerahmu.

Sebagai informasi, pemerintah melalui kementerian pariwisata kabarnya sudah mempersiapkan karnaval nasional sebagai pusat perayaan HUT RI tahun ini, tepatnya di pusat wisata Danau Toba. Nah, bagi kamu yang tinggal di daerah sekitar Danau Toba patut mengetahui hal ini. Selain menikmati perayaan kemerdekaan yang dipastikan meriah dan menarik, kamu juga bisa menjelajahi beberapa tempat-tempat bersejarah di sekitarnya. Salah satu yang paling monumental adalah rumah pengasingan bung Karno (Soekarno) saat masa penjajahan Belanda di jalan Istana nomor 5, Parapat, Danau Toba.

Rumah sederhana berdinding kayu ini berdiri di atas tanah yang berhadapan tepat ke arah panorama Danau Toba. Dalam sejarahnya, bung Karno pernah menjalani pengasingan di sana pada akhir tahun 1948 silam. Dia harus mengasingkan diri di sana selama 22 hari tanpa alat komunikasi apapun.

Jika rumah pengasingan ini aslinya adalah gubug reot kecil. Maka saat ini, gubug tersebut sudah berubah wajah menjadi wisma megah yang difungsikan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara.

Setelah mengalami renovasi, kamu tetap masih menemukan jejak sejarah yang masih dipertahankan, yaitu sebuah kursi rotan dan foto berisi Bung Karno, Sjahrir, dan Haji Agus Salim yang saat itu diasingkan bersama di sama.

Awalnya, ketiga tokoh penting bangsa Indonesia ini ditempatkan di Berastagi. Lalu tak lama kemudian dipindahkan ke Parapat. Pada akhir Januari 1949, Bung Karno dan Haji Agus Salim dipindahkan ke Pulau Bangka.

Nah, penasaran dengan jejak sejarah peninggalan proklamator bangsa ini? Yuk, rencanakan liburanmu pekan ini menikmati jejak sejarah bangsa di kawasan Danau Toba.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami