Share this article :

6 Tips Jitu Sebelum Mengikuti Online Interview

 Fri August 12th, 2016
 934

Artikel ini ditulis oleh :

Mega Permata

Contributor
 

6 Tips Jitu Sebelum Mengikuti Online Interview Sumber : www.pinterview.in

Di zaman yang semuanya serba online ini sangat memudahkan kita berkomunikasi baik jarak dekat maupun jauh sekalipun. Banyak aplikasi atau fitur-fitur yang sangat membantu para pekerja dan pencari kerja.  Tidak menutup kemungkinan perusahaan bakal melakukan proses wawancara dengan media online juga. Proses wawancara online atau online interview ini bukan hanya dapat menghemat waktu serta biaya, namun cara ini juga dianggap lebih efektif untuk menilai kepribadian seorang calon karyawan. 

Baik Anda yang sebagai pencari kerja atau ingin memasarkan dan mempresentasikan bisnis Anda secara online tujuannya tetap sama-sama untuk membuat kesan abadi untuk menghasilkan sesuatu yang baik. Sebelum Anda menyesal karena melakukan beberapa kesalahan saat online interview, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Pertama, Persiapkan alat-alat pendukung dalam keadaan baik

Sebelumnya pastikan semua fitur-fitur termasuk internet berjalan lancar tanpa hambatan. Gadget yang digunakan seperti laptop atau smartphone sebelumnya sudah Anda install dengan aplikasi pendukung. Speaker atau headset, kamera, lighting, mouse harus berfungsi dengan baik. Dalam proses wawancara kerja Anda harus mampu menghindari kesan tidak profesional hanya karena Anda tidak ada persiapan.

Kedua, Pilih tempat yang sesuai

Selanjutnya pilih tempat yang sesuai dan mendukung. Walaupun nantinya sang interviewer Anda hanya melihat sebagian, tidak berarti Anda sembarangan memilih lokasi. Pilih tempat yang bisa diatur, jangan seperti di restoran ataupun kafe yang notabennya tempat tersebut adalah public access (tempat umum). Jika Anda memilih kafe atau tempat umum untuk dijadikan lokasi online interview Anda maka yang didapat adalah kebisingan dan banyak gangguan. 

Jika tidak mau demikian, Anda bisa melakukan di rumah sendiri atau kamar pribadi Anda. Singkirkan barang-barang yang dapat mengganggu atau barang-barang yang tidak enak dipandang dan usahakan background Anda bersih serta rapi. 

Ketiga, Perhatikan penampilan

Perhatikan penampilan dan pakailah pakaian yang mencerminkan Anda seorang pekerja. Walaupun wawancara ini dilakukan dengan online tetap perhatikanlah pakaian yang Anda kenakan. Anda tetap harus berdandan, rapi, sopan dan formal seperti yang biasa Anda pakai untuk menghadiri proses wawancara kerja di kantor.

Keempat, Perhatikan posisi Anda

Sama seperti halnya wawancara langsung di kantor, interviewer akan memperhatikan bahasa tubuh Anda. Walaupun dengan online ini Anda tidak bisa melakukan eye contact tetapi bahasa tubuh juga menentukan kesuksesan. Hindari untuk melihat diri Anda sendiri, tetap arahkan pandangan Anda ke kamera, duduk tegak, tidak membungkuk, menggoyangkan kursi, menguap, menggaruk kepala dan gelisah. 

Kelima, Berlatih wawancara 

Sebelumnya berlatihlah terlebih dulu didepan kamera, keluarga, atau teman Anda. Bayangkan mereka adalah orang yang akan merekrut Anda dan profesional. Selain untuk menguji peralatan dan persiapan Anda dalam segi komposisi kamera, pencahayaan, internet, speaker/ headset, pakaian, lokasi, serta mereka juga akan menilai teknik wawancara Anda sudah baik atau belum.

Keenam, Pegang catatan kecil

Salah satu keuntungan dari online interview yang bisa Anda gunakan adalah dapat menggunakan catatan kecil sebagai bantuan Anda. Anda bisa menempelkan sepotong kertas di sudut laptop Anda entah beberapa poin penting untuk disampaikan. 

Keenam poin diatas harus Anda perhatikan sebelum mengikuti online interview. Sekali lagi ingatlah bahwa ini online dimana memang menggunakan internet maka pastikan internet Anda lancar yaa, guys. Selanjutnya jika ingin lansung berhasil diterima bekerja baca artikel ini, Sekali Wawancara Langsung Dapat Pekerjaan, Ini Caranya!

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Andry Randa 22 June 2017 - 18:41:49
Terpuji namamu ya Alllah atas segala penyertaan hi... more..

Harvey Jeremy 22 June 2017 - 00:20:39
Salam sejahtera untuk saudara semua, kiranya Tuhan... more..

Bryan inzaghi 16 June 2017 - 20:43:01
Sekarang aku ingin mendaftar ke sekolah negri yg k... more..

Cindy 15 June 2017 - 18:47:03
Salam sejahtera, sy Cindy, menikah dgn pria kebang... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Penangkal Rasa Takut
Penangkal Rasa Takut
Pernahkah Anda mengalami situasi ini? Ketika Anda sedang melihat isi dompet atau rekening tabungan A...