Yuk, Ajarkan Si Kecil Tentang Kerapian Sejak Dini

Parenting / 8 August 2016

Kalangan Sendiri

Yuk, Ajarkan Si Kecil Tentang Kerapian Sejak Dini

Mega Permata Official Writer
2883

Senang jika melihat sang buah hati aktif bermain, melihat tingkahnya yang menggemaskan dan lucu saat memainkan koleksi mainan-mainannya. Tetapi disisi lain Anda sudah harus siap-siap untuk merapikan mainannya yang tersebar kemana-kemana. Entah itu buku-buku gambar berhamburan, mainan berserakan, dan tumpahan makanan atau minuman di lantai. Untuk itu Anda harus melatih dan mendidik anak-anak Anda mengenai kerapian sedini mungkin agar kelak jika mereka beranjak besar tahu apa keuntungan hidup rapi dan bertanggung jawab. Bagaimana memulai mengajarkan anak Anda tentang kerapian, simak sebagai berikut:

Pertama, memberikan contoh

Yup, semuanya bermula dari Anda memberi contoh, karena dengan memberi contoh sang anak akan meniru, mempelajarinya dan akhirnya terbiasa. Anda bisa memulai dengan cara mengajarkan mereka merapikan mainan, mengambil baju kotornya, atau memunguti sampah makanan dengan bersama. Walaupun sulit mengajarkan anak-anak Anda kerapian, tetapi bila Anda gigih dan ingin melihat perubahan kepada anak Anda, maka tetap ajarkan dan bersabar menghadapi mereka.

Kedua, siapkan penyimpanan

Jangan lupa untuk menyediakan tempat penyimpanan seperti box atau lemari agar sang anak bisa menyimpan mainannya di situ dengan baik. Jika tidak ada tempat penyimpanan maka bisa membuat sang anak bingung meletakkan mainannya dan alhasil sang anak tetap membiarkan mainannya berantakan dan berserakan. Untuk menarik perhatiannya Anda bisa memilihkan kotak box yang lucu sesuai kesukaannya. Dengan kotak box atau tempat penyimpanan akan memudahkan Anda juga sang anak mencari barang atau mainan.

Ketiga, memberi batasan waktu dan tempat bermain

Sebaiknya berikan anak-anak kesayangan Anda batas waktu dan tempat bermain. Berikan waktu bermain kepadanya setelah mereka menyelesaikan tugas sekolah atau tugas rumah. Selanjutnya, jika tidak ingin kamar atau rumah Anda dipenuhi dengan mainannya yang berserakan maka Anda harus menerapkan lokasi bermainnya. Berikan batas-batas ruang bermainnya, seperti ruang kerja sang suami, dapur, kamar mandi atau kolam. Ini juga baik agar anak-anak Anda terhindar dari bahaya.

Keempat, mengajarkan dengan cara yang baik

Sekali lagi memang dibutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi untuk mengajarkan mereka terbiasa rapi, untuk itu jangan sedikit pun membentak atau memarahi jika si kecil melanggar aturan. Justru Anda harus memberikan arahan dengan lembut dan menasihati mereka dengan baik-baik sambil membereskannya. 

Kelima, membuat jadwal rutin

Hal ini amat penting dalam kehidupan anak. Salah satunya memberikan mereka kesempatan yang berulang untuk mengatur diri mereka sendiri melewati tugas-tugas tanpa paksaan. Ajarkan mereka memiliki dan menjalani rutinitas harus membereskan mainan sebelum melakukan hal lain, seperti pergi tidur atau hal lain. Pada akhirnya mereka akan menguasai dan terbiasa.

Keenam, memberi pujian

Jangan lupa memberikan pujian kepada anak-anak Anda. ketika mereka sudah mulai belajar mencoba dan mengubah sikapnya, Anda perlu memberikan pujian kepadanya. Seperti memberikan kata-kata pujian atau tepuk tangan. Dengan pujian seperti itu tentunya akan membuat anak merasa pintar, senang, dan diperhatikan. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami