Dua Pola Asuh Sederhana Pangeran William Ini Wajib Dicontoh Orangtua
Sumber: Goodhousekeeping.com

Parenting / 4 August 2016

Kalangan Sendiri

Dua Pola Asuh Sederhana Pangeran William Ini Wajib Dicontoh Orangtua

Lori Official Writer
4232

Menjadi orangtua adalah pekerjaan yang wajib dilakukan sembari berlatih. Sebagai orangtua baru, tantangan jauh lebih besar. Anda seperti diperhadapkan ke sebuah medan perang ketika anak Anda yang masih sangat kecil mulai berteriak, meludah, atau menangis. Apakah semua orangtua pada akhirnya berhasil menerapkan trik jitu saat berhadapan dengan anak dalam beragam situasi?

Pangeran William adalah salah satu contoh ayah yang menerapkan pola asuh yang unik kepada kedua anaknya, Pangeran George dan putri Charlotte. Pola jongkok adalah salah satu trik yang kerap dilakukannya ketika hendak berinteraksi dengan putranya George (3).

Menurut para peneliti, pola jongkok ini memampukan orangtua bisa melakukan kontak dengan menatap mata dan wajah anak. Hal ini dianggap sebagai cara terbaik untuk mendengarkan anak dan membuatnya merasa didengarkan dan diperlakukan dengan baik oleh orangtua.

Pakar perkembangan anak Gill Connel menulis dalam bukunya A Moving Child Is a Learning Child bahwa dengan memberikan perhatian penuh kepada anak saat mereka berbicara bahkan bisa meningkatkan rasa percaya diri anak sehingga anak semakin tertarik berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Selain pola jongkok, Pangeran William juga menemukan cara mudah untuk menenangkan kedua buah hatinya itu ketika mulai menangis yaitu menenangkan sang anak dengan suara air yang mengalir. Meski sangat sederhana, namun hasilnya sukses!

Penelitian menemukan bahwa suara-suara seperti air mengalir, mesin mobil, pengering rambut, mesin cucui dan vacuum cleaner ternyata sangat membantu menenangkan bayi karena mengingatkan mereka tentang jenis suara yang mereka dengar saat masih dalam kandungan. Cara yang dilakukan Pangeran William juga disebut dengan teori trimester keempat yang ditemukan oleh Dr. Harvey Karp, penulis dari The Happiest Baby on the Block. Di dalam bukunya, Dr Karp menyarankan agar di tiga bulan pertama setelah kelahiran, orangtua harus memperlakukan bayi seperti saat sedang hamil untuk membiasakan bayi dengan dunia barunya. Jadi, suara-suara jernih seperti air akan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi yang mulai menangis dan membuatnya mulai tertidur.

Pola jongkok dan menenangkan bayi dengan suara alam mungkin sesuatu yang sangat sederhana. Tetapi banyak orangtua yang ternyata tidak mengetahuinya. Nah, kalau begitu sudah waktunya orangtua siap melakukan hal unik ini saat menghadapi tingkah sang buah hati.

Sumber : Parentherald.com/Goodhousekeeping.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami