Tiga Cara Anda Bisa Tetap Bersukacita Ditengah Kesengsaraan
Sumber: http://www.ignitumtoday.com

Kata Alkitab / 4 August 2016

Kalangan Sendiri

Tiga Cara Anda Bisa Tetap Bersukacita Ditengah Kesengsaraan

Mega Permata Official Writer
5848

Kesengsaraan atau penderitaan adalah ujian yang berat untuk dilalui. Tidak ada manusia yang lepas dari cobaan dan ujian ini. Terkadang saat kita berada dalam posisi jatuh, menderita dan sengsara; semuanya menguras tenaga dan emosi sehingga tidak ada lagi yang namanya pengharapan bahkan jauh dari kesukacitaan. Dalam Roma 5: 3 telah dikatakan, “Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan.” Tetapi bagaimana kita tetap bisa bersukacita atau bermegah di tengah penderitaan kita?

Pertama, Ketika Anda dalam kesengsaraan, Anda menjadi lebih sadar kekuatan Tuhan ada dalam hidup Anda

Dalam posisi Anda yang mengalami kesengsaraan atau penderitaan, Anda akan tahu bahwa Anda sangat tidak berdaya, Anda tidak kuat untuk bangkit sendiri. Anda membutuhkan kekuatan besar untuk bangkit kembali, yaitu dengan kekuatan Tuhan. Sama seperti Paulus mengatakan, “Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat,” (2 Korintus 12:10) Paulus tahu bahwa karena kekuatan Allah lah dalam kita jauh lebih kuat daripada kekuatan manusia, oleh karena itu Paulus belajar untuk bermegah dalam kelemahannya. Jadi rasakan dan sadarlah kekuatan Tuhan yang ada didalam Anda. 

Kedua, Kepercayaan dan keimanan Anda meningkat

Ketika Anda berada dalam titik kelemahan Anda maka disanalah Anda menemukan bahwa Tuhan begitu setia dalam hidup Anda bersama dengan janji-janji-Nya. Amsal 3:5 dikatakan, “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan jangan bersandar kepada pengertianmu sendiri.” Kita pasti pernah bertanya kenapa dan kenapa sepanjang hari tetapi Dia tidak akan langsung menjawab, Dia hanya menginginkan kita untuk membangun kepercayaan didalam-Nya saja. Jadi bukan malah bersandar pada pengertian Anda sendiri dan menuntut mencari tahu penyebabnya, melainkan kita menaruh percaya kepada-Nya untuk mengajari dan membantu kita bertumbuh lagi melewati apapun situasi yang kita hadapi. 

Ketiga, Tuhan memberikan Anda pengertian dan pandangan yang baru

Setelah Anda mengambil waktu untuk mencari Tuhan disaat Anda berusaha melewati ujian itu, maka Tuhan akan menunjukkan sesuatu kepada Anda pada akhirnya. Tuhan memberikan pengertian baru mengapa Anda harus melewati dan mengalami penderitaan ini, dimana untuk membuat Anda kuat, menaruh percaya kepada Tuhan, menghargai hidup dan orang-orang yang berada disekeliling Anda. Selain itu Anda akan melihat siapa saja yang berdiri, setia dan mendukung Anda keluar dari penderitaan Anda. 

Demikianlah ketiga hal ini bisa membuat Anda tetap bersukacita walaupun berada ditengah kesengsaraan, penderitaan atau cobaan. Tuhan tidak akan memberikan ujian yang melebihi batas kemampuan kita. Tuhan menginginkan kita untuk terus mengandalkan-Nya dan menaruh harapan kepada-Nya. Tetaplah bersyukur atas apa yang Anda hadapi, baik atau buruk.

Sumber : crosswalk/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami