Vatikan Mengecam Keras Pembunuhan Pendeta oleh ISIS di Prancis
Sumber: www.express.co.uk

Internasional / 28 July 2016

Kalangan Sendiri

Vatikan Mengecam Keras Pembunuhan Pendeta oleh ISIS di Prancis

daniel.tanamal Official Writer
3932
Otoritas tertinggi Katolik Roma, Vatikan menyerukan kecaman atas serangan mematikan yang dilakukan oleh gerombolan teroris ISIS dan menewaskan seorang pendeta senior gereja Katolik Saint-Etienne de Rouvray, Jacques Hamel, pada Selasa (26/7) lalu.

Paus Fransiskus pun segera memberi respon yang menyatakan mengecam keras semua bentuk kebencian dan sangat terpukul karena kekerasan ini terjadi di sebuah gereja yang merupakan tempat yang disakralkan. "Paus sangat terkejut dan merasa berduka atas serangan yang absurd ini. Serangan itu menciptakan kesedihan dan ketakutan," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Sebelumnya diberitakan dua pria bersenjata pisau menyerang dan menyandera sebuah gereja di dekat kota Rouen, di wilayah utara Perancis, Selasa (26/7/2016). Kementerian Dalam Negeri Perancis mengatakan, seorang pastor berusia 86 tahun dinyatakan tewas dan seorang korban lainnya dalam kondisi kritis.

Gereja Saint Etienne de Rouvray diserang dua orang pria saat tengah menggelar misa pada pukul 10.00 atau sekitar pukul 17.30 WIB. Kedua pria itu lalu menyandera sang pastor, beberapa orang biarawati dan sejumlah orang lain yang ada di dalam  gereja tersebut. Penyanderaan itu berlangsung selama beberapa jam sebelum kedua orang itu ditembak mati polisi saat mereka muncul di halaman gereja.

Kepolisian mengatakan, petugas di lapangan terpaksa menembak kedua orang itu dalam peristiwa yang terjadi di Rouen, Normandia tersebut. Sementara itu, Presiden Francois Hollande dan Mendagri Bernard Cazeneuve dijadwalkan mengunjungi lokasi serangan tersebut.

Insiden ini terjadi hanya sekitar dua pekan setelah tragedi truk maut di Nice yng menewaskan 84 orang dan menlukai 300 orang lainnya yang terjadi tepat di tengah perayaan Bastille Day.
Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami