Eunike: Penjara Tidak Buat Suamiku Jera Pukuliku
Sumber: Jawaban.com

Family / 28 July 2016

Kalangan Sendiri

Eunike: Penjara Tidak Buat Suamiku Jera Pukuliku

Lori Official Writer
17279

Sama seperti pasangan menikah baru lainnya, Eunike dan suaminya Teddy awalnya hidup normal dan baik-baik saja. Namun sejak Eunike hamil, sikap sang suami berubah dan lebih temperamental. Pertengkaran bahkan tak mampu dielakkan. Hampir setiap minggunya Eunike mendapatkan pelakuan kasar secara fisik dari sang suami.

“Kita ini setiap dua minggu sekali itu sudah sering sekali saya tengkar sama tengkar sama dia. Kadang-kadang dipukul. Saya keluar dari rumah, dua hari saya pulang. Tengkar lagi, dua hari saya pulang. Seperti itu terus menerus,” terang Eunike seperti dikisahkan kepada Gang Senggol.

Kondisi pernikahan yang tidak sehat ini pada akhirnya disadari Eunike sangat tidak baik. Dia bahkan tak lagi sanggup jika harus melewati kondisi yang sama terus menerus. Lalu terbersit dalam benaknya untuk bertindak dan tak ingin lagi diperlakukan dengan semena-mena oleh Teddy.

Suatu hari, ketika pertengkaran kembali terjadi dan Eunike menerima sejumlah pukulan fisik dari sang suami, dia lalu melaporkan tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tersebut kepada polisi. Saat itu, Eunike jelas-jelas masih mengingat bagaimana tiga polisi menyeret Teddy ke sela tahanan.

Selama beberapa waktu mendekap di sel tahanan, Teddy mengaku menyesal dan tak lagi melakukan kesalahan yang sama terhadap sang istri. Namun karena tak mempertimbangkan kondisi anak-anaknya, persoalan hukumrumah tangga ini pun berujung pada putusan Eunike untuk rujuk kembali.

Sayangnya, sikap dan perilaku Teddy masih belum berubah. Setelah tiga bulan kebebasannya, Teddy kembali berulah. Di suatu malam ketika Eunike merasa begitu lelah setelah bekerja seharian, sang suami malah memaksanya berhubungan badan. Sebagai istri, Unike pun terpaksa melayani Teddy meskipun dia merasa begitu tersakiti. “Saya punya pengalaman yang pahit sekali waktu dia keluar dari penjara. Dia minta dilayani.  Waktu itu saya benneran nggak mau, tapi dia maksa. Jadi waktu itu saya merasa saya benneran diperkosa sama suami saya sendiri. Marah, tapi nggak tahu mesti gimana,” terang Unike.

Sebagai istri, Eunike benar-benar tidak mendapatkan kebahagiaan. Di satu sisi dia begitu marah dan tak mampu melampiaskan kemarahan tersebut. Di sisi lain dia terus menerus menjadi korban KDRT yang dia tidak pernah inginkan terjadi dalam rumah tangganya. Sementara Teddy, tetap menjadi pribadi yang merasa tidak bersalah dan selalu memperlakukan Eunike dengan semena-mena. Di puncak tekanan yang dialaminya, Eunike akhirnya memutuskan untuk lari.

Kepergian Eunike dan anaknya dari rumah membuat Teddy merasa hampa. Dia merasa telah menjadi suami dan ayah yang gagal dalam memimpin rumah tangganya. “Jadi pada saat istri saya dan anak saya pergi tidak mau kembali, saya merasa kehilangan. Saya merasa menjadi pria yang gagal. Dan saat itu saya merasa, ya sudah, hidup saya sudah selesai, rumah tangga saya sudah hancur dan tidak terselamatkan. Dan saya merasa putus asa,” kenang Teddy.

Keinginan Eunike agar suaminya berubah terwujud lewat sebuah acara retret dari salah satu gereja. Acara ini khusus digelar untuk para pria. Dan tanpa pikir panjang, Eunike akhirnya mendaftarkan Teddy sebagai salah satu peserta tanpa sepengetahuan sang suami. Kejutan yang diberikan sang istri ini pula yang mendorong Teddy untuk ikut serta.

“Jadi melalui sesi-sesi camp itu, saya disadarkan bahwa saya yang dulunya merasa benar dalam segala hal ternyata saya adalah seorang laki-laki yang salah besar. Melalui sesi-sesi itu saya merasa dikuliti satu per satu.”

Pelajaran yang dia dapatkan selama camp mengubah Teddy sepenuhnya. Dia mengakui segaal kesalahan dan perlakuannya yang kasar kepada sang istri. Dia juga mengambil langkah berani untuk mau melakukan rekonsiliasi kembali dengan Eunike. "Saya mau nggak mau harus mengambil sikap mengampuni. Bukan pisah, secara manusia saya nggak bisa mengampuni, tapi Tuhan yang membuat saya mampu,” terang Eunike.

Pemulihan pun terjadi dalam rumah tangga Eunike dan Teddy. Mereka tahu bahwa segala perkara dan persoalan yang sudah terjadi dalam rumah tangga mereka adalah rencana Tuhan untuk mencapai satu tujuan baik yaitu menghidupi kasih Tuhan dalam hubungan. 

Sumber : Eunike & Teddy
Halaman :
1

Ikuti Kami