Inilah Fakta yang Anda Belum Tahu Soal Minum Susu

Inilah Fakta yang Anda Belum Tahu Soal Minum Susu

Lori Official Writer
8197

Fakta medis yang selama ini dipercayai adalah bahwa susu merupakan makanan pelengkap dan perlu dikonsumsi secara teratur setiap hari. Susu penting bagi anak-anak dan orang dewasa karena merupakan sumber nutrisi penting bagi tubuh. Manfaat tersebut tak lagi pernah diragukan. Namun tahukah Anda bahwa meminum susu ternyata juga bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh dan inilah fakta soal mengkonsumsi susu.

Tak semua susu baik bagi kesehatan

Meskipun produk susu tertentu seperti Yogurt berdampak baik bagi tubuh, namun ada juga produk susu yang malah berdampak buruk bagi kesehatan. Sejumlah produk susu tertentu bisa sangat tidak disukai anak-anak karena baunya yang tidak enak. Sebagian orang lainnya tidak bisa meminum susu karena alergi dengan kandungan lantosanya yang tinggi.

Susu menyebabkan asam lambung

Ilmu kedokteran menemukan fakta bahwa meminum susu dalam kondisi perut kosong dapat meningkatkan kadar keasamaan pada lambung dan tidak baik bagi tubuh. Kadar asam lambung yang naik bisa menyebabkan otot perut melemah. Untuk itu, para dokter biasanya akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan guna mencegah kadar asam lambung yang naik di pagi hari. Mereka yang mengalami peningkatan asam lambung akan merasakan rasa asam di mulut dan cenderung bersendawa kendati tidak makan sama sekali.

Asam lambung menyebabkan sembelit

Apakah susu baik bagi perut? Dan jawabanya adalah belum tentu. Karena mengkonsumsi susu yang tidak cocok atau tidak tepat waktu hanya akan menyebabkan peningkatan asam lambung. Asam lambung inilah yang nantinya menjadi penyebab sembelit. Sembelit bisa sangat merepotkan karena penderita akan merasakan pergerakan yang begitu lambat di dalam usus. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan banyak tenaga untuk membersihkan isi perut dan itu sangat merepotkan. Selain itu, asam lambung juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti penumpukan racun dalam usus dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Asam lambung menyebabkan gangguan pencernaan

Keasamaan bukan sebuah penyakit belaka. Karena penyakit yang satu ini bisa menimbulkan beragam gangguan lain seperti gangguan pencernaan dalam jangka panjang. Ini adalah efek yang paling mengerikan dari asam lambung. Program diet yang tidak sesuai bahkan bisa menyebabkan masalah yang begitu fatal bagi pencernaan.

Saat Anda mengalami masalah asam lambung, ada baiknya menghindari konsumsi susu berlebihan, terutama saat perut dalam kondisi kosong. Bila perlu, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah kondisi asam lambung yang semakin parah dan bahkan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami