Kenali Tiga Cara Anak Belajar, Penting Untuk Anda Ketahui!
Sumber: www.everydayfamily.com

Parenting / 25 July 2016

Kalangan Sendiri

Kenali Tiga Cara Anak Belajar, Penting Untuk Anda Ketahui!

Mega Permata Official Writer
3844

Setelah seminggu anak Anda sekolah, apakah Anda sudah mengenali cara belajar mereka? Selain Anda, ayah atau ibu mengantar buah hati belajar di hari pertama sekolah atau menunggu mereka, menemani selama anak belajar di sekolah, Anda juga harus terlibat mengawasi proses belajar mereka di rumah. Kenapa begitu? Karena setiap anak memiliki kemampuan belajar berbeda-beda termasuk di sekolah maupun di rumah. Untuk membantu sang anak menerima pelajaran lebih baik, Anda harus mengenali terlebih dahulu cara belajar anak-anak.

Seperti dikutip Child Central, tipe belajar anak dibedakan menjadi tiga. Apa saja itu? Mari kita simak;

Pertama, Visual

Tipe visual adalah cara anak belajar melalui penglihatan. Mereka akan menyerap informasi dengan melihat apa yang ada di hadapan mereka dan menyimpan dalam memori otaknya. Membaca dan melihat gambar adalah kesukaan mereka. Diperkirakan sebanyak 80 persen pelajaran dimengerti melalui penglihatannya. 

Karena mereka menyukai membaca atau gambar-gambar menarik, sediakan buku-buku dan gambar yang dapat mendukung mereka menerima pelajaran itu dengan baik. Anda juga bisa menyediakan papan tulis di rumah untuk mereka belajar agar lebih mudah mengerti dan tertarik.

Kedua, Auditory

Berbeda dengan visual yang megandalkan penglihatan, Auditori adalah cara anak belajar melalui pendengaran. Bahasa verbal menjadi penting untuk mereka bertukar informasi. Mereka lebih suka dijelaskan dengan perkataan. Karena itulah anak-anak Anda lebih suka menyimak dan fokus pada apa yang dibawakan oleh guru mereka. 

Kesusahan mereka adalah saat membaca dalam hati, mereka akan lebih nyaman dengan membaca sambil berbisik-bisik. Untuk itu sebagai orangtua, Anda perlu memberikan waktu lebih dan mengajarkan mereka dengan cara berbicara atau membacakan materi pelajaran mereka. 

Ketiga, Kinestetik

Tipe kinestetik adalah anak-anak yang tidak bisa duduk diam. Mereka tipe penjelajah. Mereka tertarik mencari informasi dengan sendirinya. Anak dengan tipe ini kerap dianggap anak nakal karena mereka yang tidak bisa diam dan sulit mendengarkan peraturan guru di sekolah. Anak dengan tipe kinestetik lebih suka menggunakan objek nyata untuk membantunya bisa belajar atau dengan cara bermain ia akan memahami suatu informasi. 

Ajari anak anak dengan cara mencontohkan apa yang harus dia lakukan. Gunakan balok-balok atau huruf alphabet magnet untuk mengajarkan mereka mengeja. Si anak akan mengingat huruf-huruf dengan menyentuhnya dan memindah-mindahkan.

Nah, itulah beberapa tipe cara anak belajar. Anda harus tetap mendukung, memberikan motivasi, mengajar dengan sabar dan kreatif agar mereka tertarik dan cepat menangkap pelajaran apapun caranya. Peran ayah dan ibu dalam mengajarkan mereka sangat penting untuk tumbuh kembang sang anak baik di dalam rumah maupun di luar rumah.  

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami